Seleb Ramai Ikut Wisuda LDR Challenge, Akademisi: Itu Mau Menghibur atau Pamer Foto?

- Minggu, 7 Juni 2020 | 08:38 WIB
Deretan selebritas memajang foto kenangan wisuda mereka dalam rangka ikut tantangan wisuda LDR 2020. (Foto kolase: Instagram/Maudyayunda/therealdisastr/gitagut)
Deretan selebritas memajang foto kenangan wisuda mereka dalam rangka ikut tantangan wisuda LDR 2020. (Foto kolase: Instagram/Maudyayunda/therealdisastr/gitagut)

Aksi sejumlah selebritas Indonesia yang beramai-ramai memajang foto kenangan wisuda mereka dalam rangka ikut tantangan (challenge) wisuda LDR 2020 mendapat kritik dari akademisi sekaligus aktivis literasi, Yona Primadesi. 

Yona melihat, apa yang dilakukan para selebritas itu lebih seperti ingin pamer foto wisuda ketimbang menghibur para lulusan yang tidak bisa merasakan wisuda secara langsung.

"Gerakan #WisudaLDR2020 dengan pamer foto wisuda normal, itu niatnya serius mau menghibur mereka yang gagal wisuda atau sekadar pamer foto wisuda? Soalnya saya masih gagal paham," kata Yona di dinding Facebook-nya.

Apa yang disampaikan Yona bukan tanpa alasan. Sebab, foto-foto yang dipajang para selebritas itu adalah momen wisuda normal, sehingga dirasa tidak nyambung jika ditujukan untuk membesarkan hati para lulusan tahun ini yang tidak bisa merayakan wisuda.

"Kebayang nggak, sih, kecewanya mereka yang gagal menjalani prosesi, yang mungkin jadi momen akhir perjuangan, bukan hanya buat mereka terlebih orangtua, dan kamu, yang katanya mau menghibur, memberi semangat, malah pamer foto-foto memorable wisuda normalmu? Barangkali itu definisi simpati atau empati di era new normality, ya?" tambah Yona.

Ya, sejumlah selebritas Indonesia memajang foto-foto mereka saat wisuda. Di antaranya ada Dian Sastrowardoyo, Maudy Ayunda, Gita Gutawa, Rossa, Tasya Kamila, hingga Annisa Pohan.

Ide ini bermula dari presenter Najwa Shihab, di mana dia memajang fotonya saat wisuda di Universitas Indonesia. Najwa kemudian menantang sejumlah selebritas yang disebutkan di atas.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr) on

Dengan memajang foto-foto wisuda mereka, para selebritas itu bermaksud agar lulusan tahun 2020 yang tidak bisa merasakan wisuda tidak berkecil hati atau bersedih.

"Saya posting foto-foto wisuda ini bukan untuk bikin adek2 angkatan 2020 iri hati atau sedih karena nggak bisa wisuda secara fisik, tapi justru sebaliknya," tulis Dian Sastro di Instagram-nya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Maudy Ayunda (@maudyayunda) on

"Selamat untuk teman-teman dan adik-adik yang sudah berhasil menyelesaikan studinya tahun ini. We salute you for all your hard work and dedication.????????," tulis Maudy Ayunda.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gita Gutawa (@gitagut) on

"2020 ini memang beda. Tapi yang berbeda, hanya ritualnya saja kok. Bukan berarti rasa itu tidak ada. Buat teman-teman yang patut berbahagia dan berbangga diri lulus tahun ini, tepuk tangan ???????? dan peluk hangat ???? ini untuk kalian semua," tulis Gita Gutawa.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X