Viral Video Skripsi di Kampus Unilak Dibuang Bak Sampah, Kepala Perpustakaan Dicopot

- Senin, 6 Juli 2020 | 11:27 WIB
Bundelan skripsi dibuang dan dicampakkan di kampus Unilak (Screenshot)
Bundelan skripsi dibuang dan dicampakkan di kampus Unilak (Screenshot)

Media sosial dihebohkan dengan video yang memperlihatkan skripsi-skripsi dibuang begitu saja di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau.

Bundelan skripsi dibuang dari jendela hingga bertumpuk di halaman kampus. Sementara itu, di bawah ada orang yang mengumpulkan skripsi tersebut dan memasukkannya ke dalam karung.

Dilempar seakan tak berharga, membuat skripsi tersebut rusak dan kertas berserakan. Video ini memicu emosi netizen terutama para mahasiswa.

Mereka tidak terima skripsi yang dibuat dengan kerja keras dan biaya yang tidak sedikit itu, diperlakukan bak sampah. Setelah viral, Rektor Unilak Dr Junaidi akhirnya memberikan klarifikasi.

Rektor Unilak mengakui bahwa memang benar peristiwa itu terjadi di kampus Unilak yang berada di Jl Yos Sudaso Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

Dr Junaidi berdalih bahwa skripsi yang dibuang tersebut adalah skripsi lama dan telah rusak, sehingga akan dipindahkan ke tempat lain.

Meski begitu, pihaknya meminta maaf dan sebagai bentuk pertanggungjawaban, Kepala Pustaka Unilak telah diberhentikan.

"Kemudian, sebagai bentuk tanggung jawab dari kelalaian tersebut, Kepala Pustaka Unilak telah diberhentikan dan diambil alih langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik," kata Junaidi, Sabtu (4/7/2020).

Junaidi meminta maaf atas peristiwa tersebut dan menegaskan bahwa saat ini Unilak telah memulai program penyimpanan karya ilmiah dalam bentuk digital.

"Unilak beberapa tahun ini telah melakukan program digitalisasi karya karya ilmiah dari dosen dan mahasiswa," sebut Junaidi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X