The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Modus Ngamen Pakai Ondel-Ondel, Remaja di Jaksel Jambret HP, Bikin Malu Orang Betawi
Pengamen ondel-ondel di Jaksel ditangkap warga karena jambret HP. (Foto: Istimewa)
News

Modus Ngamen Pakai Ondel-Ondel, Remaja di Jaksel Jambret HP, Bikin Malu Orang Betawi

Minggu, 05 Juli 2020 12:12 WIB 05 Juli 2020, 12:12 WIB

INDOZONE.ID - Dalam beberapa tahun belakangan, di Jakarta, termasuk Jakarta Selatan yang dikenal sebagai kawasan elite dan keminggris (bahasa campur-aduk Indonesia-Inggris), marak pengamen dengan menggunakan ondel-ondel. Tak sedikit dari mereka merupakan anak-anak di bawah umur. Mereka berkeliling kota, berpindah dari satu gang ke gang lain, berharap belas kasihan orang-orang.

Namun, di tengah Pandemi COVID-19, yang berdampak pada kesulitan ekonomi, muncul satu perbuatan nekat yang dilakukan oleh segerombolan pengamen ondel-ondel di Jaksel. Mereka menjambret telepon genggam milik warga setempat di sela-sela penampilan mereka dengan kostum ondel-ondel.

Yang tertangkap seorang remaja, sedangkan yang lain, kabur dan tak sempat diamankan warga. 

Video ketika remaja tersebut diamankan di rumah warga viral di media sosial. Remaja tersebut tertunduk lesu, sementara ondel-ondelnya dibiarkan saja di halaman rumah warga.

"Ini pengamen ondel-ondel gini, ngamen tak tahunya jambret. Ini jambret HP ni. Temannya ketangkep, yang dua kabur. Ondel-ondelnya ditinggal di sini. Hati-hati ya buat semuanya," ujar seorang warga yang merekam.

Penjambretan tersebut terjadi di salah satu lingkungan warga di Jalan Kebagusan III, RT 5/ RW 6, Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Saiful Ulum Info (@viralterkini99) on

Atas kejadian ini, banyak netizen yang mengaku berdomisili di Jakarta dan suku Betawi, merasa malu, terutama karena penjambretan dilakukan dengan modus ondel-ondel.

"Nahhh lhoo malu2in org Betawi aje, ngejambret pke ondel2," ujar seorang netizen.

"Bikin malu kesenian Betawi aje,ngehek!" komentar yang lain.

"Ondel ondel itu kan budaya betawi, harusnya di pake buat acara kesenian, bukan di bawa ngamen, udh gitu nge ganggu jalan juga lagi, kalau udh rombongan bikin macet, motor lagi jalan juga di samperin trus di minta, minta" mah minta" aja jgn pake ondel," kata yang lain lagi.

"Sebagai org jakarta apa kamu setuju budaya (ondel2) warisan leluhur dipake ngamen gitu?" kata yang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US