The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Ir Sutami, Menteri Termiskin Sepanjang Sejarah, Beli Rumah Sampai Nyicil
Ir. Sutami. (Istimewa)
News

Inilah Ir Sutami, Menteri Termiskin Sepanjang Sejarah, Beli Rumah Sampai Nyicil

Rabu, 01 Juli 2020 15:34 WIB 01 Juli 2020, 15:34 WIB

INDOZONE.ID - Di mata sebagian masyarakat, pejabat negara adalah orang yang kehidupannya serba berkecukupan. Bahkan, tidak mungkin rasanya para pejabat hidup pas-pasan.

Namun, kenyataannya, di Indonesia ada seorang menteri yang membeli rumah dengan mencicil. Bahkan, ia disebut sebagai menteri termiskin sepanjang sejarah Indonesia.

Dia adalah Ir Sutami, pria kelahiran Surakarta, 19 Oktober 1928. Sutami pernah menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum selama 4 periode di masa kepemimpinan presiden Soekarno, mulai tahun 1965 hingga 1978.

Sutami kemudian kembali mengabdi di era kepemimpinan Soeharto selama 12 tahun. Meski ia menjalankan banyak proyek, namun hal itu tak lantas membuat Sutami kaya.

Dia tetap hidup sederhana bahkan bisa dibilang miskin untuk ukuran pejabat negara. Saking miskinnya, Sutami disebut baru punya rumah dengan mencicil dan baru melunasi rumahnya saat akan pensiun.

Semasa menjadi pejabat, ia disebut tidak pernah memakai fasilitas negara di luar pekerjaannya. Semua fasilitas yang pernah dipakainya selama bekerja dikembalikan saat pensiun.

Sutami juga merupakan menteri yang cukup berperan dalam pembangunan di Indonesia. Dia pernah mengawasi proyek pembangunan gedung DPR, proyek pembangunan Jembatan Semanggi, Bandara Ngurah Rai, Jembatan Musi Palembang hingga Waduk Jati Luhur.

Sutami tutup usia pada 13 November 1980 di usia 52 tahun. Dia meinggal karena gangguan penyakit lever kronis yang dideritanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US