The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Komisi III DPR RI Minta KPK Optimalkan Fungsi Penindakan
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firly Bahuri (kedua kiri) mendampingi Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry (kedua kanan) usai meninjau rumah tahanan KPK cabang Salemba di di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (7/7/2020). (Foto: ANTARA/Reno E
News

Komisi III DPR RI Minta KPK Optimalkan Fungsi Penindakan

Kesimpulan rapat dengar pendapat (RDP).

Selasa, 07 Juli 2020 22:16 WIB 07 Juli 2020, 22:16 WIB

INDOZONE.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta Komisi III DPR RI untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi penindakan terkait dengan penanganan perkara korupsi. Hal tersebut terungkap dalam kesimpulan rapat dengar pendapat (RDP) dengan pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Gedung KPK, Jakarta.

"Khususnya di bidang sumber daya alam, penyalahgunaan wewenang di berbagai institusi dan korupsi yang merugikan masyarakat, terutama yang terjadi pada masa krisis akibat pandemi COVID-19," kata Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri seperti dilansir Antara, di Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Komisi III juga meminta KPK untuk melaksanakan fungsi pencegahan korupsi dan melakukan pengawasan terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dan pelaksanaan penggunaan anggaran pemerintah, terutama pada sektor-sektor strategis.

"Dengan demikian, dapat membantu meningkatkan pendapatan negara dan kesejahteraan rakyat," ujar Ali.

RDP kali ini membahas tentang tugas dan fungsi KPK, antara lain penjelasan KPK terkait dengan laporan evaluasi KPK terhadap pelaksanaan realokasi anggaran dan pelaksanaan refocusing kegiatan pemerintah terkait dengan penanganan pandemi COVID-19.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI turut mempertanyakan kasus-kasus lama di KPK yang masih terkatung-katung.

"Terkait dengan kasus yang jadi hambatan dan perhatian publik saya tidak perlu sebutkan secara umum kasus yang jadi perhatian publik kenapa terkatung-katung," ucap Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery usai rapat tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
JOIN US
JOIN US