Raja Thailand Angkat Selirnya yang Penuh Skandal Jadi Ratu Kedua

- Kamis, 28 Januari 2021 | 15:23 WIB
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn angkat selirnya Sineenat Wongvajirapakdi menjadi ratu kedua. (Handout via REUTERS).
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn angkat selirnya Sineenat Wongvajirapakdi menjadi ratu kedua. (Handout via REUTERS).

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn telah membuat sejarah dengan menjadikan selirnya Sineenat Wongvajirapakdi menjadi ratu kedua negara tersebut. 

Melansir Daily Mail, Vajiralongkorn menobatkan Sineenat Wongvajirapakdi pada hari Selasa (26/1/2021) lalu bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 36 seperti yang dilaporkan Bild.

Pasangan itu mengenakan mantel biru yang serasi saat melepaskan ikan dan burung dalam upacara Buddha untuk menandai ulang tahunnya di dermaga Wasukri di Bangkok.

Penobatan ini menjadi sorotan yang mengejutkan menginta sosok Sineenat sempat disebut sebagai sosok yang kontroversial. Ia pernah diusir dari istana dan dipenjara karena mencoba memblokir penobatan saingannya Ratu Suditha pada tahun 2019 lalu. 

Bulan lalu, sebuah harta karun foto selfie telanjang yang dikatakan diambil oleh Sineenat bocor secara online.

Hanya tiga bulan sebelum Sineenat dipenjara, dia diangkat menjadi permaisuri Vajiralongkorn dan menjadi orang pertama yang memegang gelar dalam hampir satu abad.

-
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn angkat selirnya Sineenat Wongvajirapakdi menjadi ratu kedua. (Handout via REUTERS).

Baca Juga: Umumkan Anak Negatif Covid-19, Wendy Cagur: Rezeki Awal Tahun yang Luar Biasa

Hingga Agustus tahun lalu, keberadaan Sinneat sempat tidak diketahui. Namun ia kembali dan sepenuhnya dipulihkan sebagai permaisuri pada bulan September lalu. Kini  mantan perawat itu naik ke puncak status istana sebagai ratu baru.

Banyak yang menyebutkan, posisi Sineeat digambarkan sebagai alat humas kerajaan. Namun penobatan tersebut terkesan sebagai penghinaan yang mendalam bagi Ratu Suditha yang berusia 42 tahun.

Selain itu, pengangkatannya sebagai ratu kedua Thailand terjadi saat politik Thailand sedang memanas yang mengakibatkan aksi demonstrasi berbulan-bulan atas kebijakan sang raja.

Rakyat menuntut reformasi monarki dengan ribuan orang turun ke jalan selama berbulan-bulan, terlepas dari pandemi. Demo seperti ini belum pernah terjadi di Thailand, dikarenakan adanya peraturan tentang mengkritik raja disebut sebagai tindakan ilegal.

Sebelum pengusirannya dari istana, Sineenat sering muncul dalam pemotretan, terbang di pesawat perang, terjun payung, menembak, dan lainnya menunjukkan momen-momen intim dengan raja berpegangan tangan.

Pakar kerajaan percaya keunggulannya dalam kehidupan publik mungkin menjadi alasan 1.400 selfie dibocorkan kepada kritikus Vajiralongkorn awal tahun ini. Beberapa foto menunjukkan bila dia memamerkan ketiaknya yang tidak dicukur ke kamera.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X