Viral di Medsos, Ulama Malaysia Sebut Lagu 'Lathi' sebagai Pemanggil Arwah

- Sabtu, 20 Juni 2020 | 12:08 WIB
Lathi Challenge. (Instagram/@jharnabhagwani)
Lathi Challenge. (Instagram/@jharnabhagwani)

Seorang ulama Malaysia bernama Dr Luqman Abdullah memberikan komentarnya soal lagu 'Lathi' karya Sara Fajira dan Weird Genius yang belakangan ini viral di media sosial.

Luqman menyebut lagu 'Lathi' sebagai pemanggil arwah dan menilai tarian dalam Lathi Challenge berunsur mistis.

"Malah, di dalam lirik turut mempunyai bait-bait yang dikatakan mengandungi pemujaan roh dan menyeru makhluk halus," kata Luqman, dilansir dari akun resmi Pejabat Mufti Wilayah Persekutuan Malaysia.

Luqman juga menilai Lathi Challenge adalah haram dan seseorang yang melakukannya akan berdosa.

"Tarian yang mempunyai unsur pemujaan dan ritual yang menyalahi akidah Islam, serta pemakaian tata rias yang menyerupai setan atau hantu seperti Lathi Challenge ini termasuk dalam tasyabbuh yang dilarang. Oleh itu, hukum seseorang melakukan Lathi Challenge adalah haram dan berdosa," lanjut Luqman.

Pendapatnya itu pun menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat Malaysia. Banyak yang mempertanyakan lirik bagian mana dalam lagu tersebut yang mengandung mistis.

Sebelumnya, seorang penceramah asal Malaysia juga sempat menuturkan hal senada. Penceramah bernama Wan Dazrin itu juga mengajak netizen untuk berhenti melakukan Lathi Challenge.

"Hentikan ‘#LathiChallenge‘ sekarang juga. Sesungguhnya tarian2 yg kalian lakukan itu sgt merbahaya utk dijadikan hiburan. Ketahuilah kalian tarian itu wujud dari sesetengah budaya Jawa yg syirik & khurafat. Seperti memanggil Kuntilanak serta Roh Kuda Kepang. Tolong hentikannya!" cuit Wan Dazrin di akun Twitter-nya.

Namun, Wan Dzarin sudah meminta maaf terkait pernyataannya yang dinilai sudah membuat orang Indonesia khususnya suku Jawa tersinggung.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jharna Bhagwani - 17 y.o ???? (@jharnabhagwani) on

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X