Magelang Siapkan Evakuasi Beberapa Dusun Usai Gunung Merapi Siaga

- Kamis, 5 November 2020 | 18:16 WIB
Gunung merapi. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)
Gunung merapi. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menyiapkan proses evakuasi untuk beberapa dusun di tiga desa kawasan Gunung Merapi menyusul peningkatan status aktivitas gunung tersebut menjadi siaga.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan bahwa sejumlah masyarakat akan mengungsi menuju desa bersaudara yang telah ditetapkan. Ia juga menyebutkan ada tiga desa yang direkomendasi untuk mengungsi di Kecamatan Dukun, yakni Argomulyo, Paten, dan Krinjing.

Baca juga: Ini Godaan yang Sering Muncul Menjelang Hari Pernikahan

Meski demikian, saat ini evakuasi itu dilakukan sementara hanya untuk Desa Paten yang meliputi dua dusun Babadan I dan Babadan II. Kemudian Desa Krinjing meliputi Dusun Trono, Trayem, dan Pugeran.

Dijelaskannya bahwa untuk Desa Paten mengungsi ke Banyurojo dan Mertoyudan, Desa Argomulyo ke Tamanagung, dan Desa Krinjing ke Deyangan.

Menurut Edy, evakuasi akan dilakukan jika desa tersebut telah siap, dan untuk prosesnya dilakukan sejak Kamis (5/11/2020) ini. Warga yang bakal dievakuasi secara bertahap, yakni Desa Paten meliputi Babadan I ada 766 jiwa dan Babadan II ada 397 jiwa. Kemudian Desa Krinjing meliputi Dusun Trono ada 347 jiwa, Trayem 161 dan Pugeran 246 jiwa.

"Evakuasi diprioritaskan untuk kelompok rentan meliputi lansia, balita, anak-anak, ibu hamil, dan orang sakit," kata Edy Susanto, dilansir dari Antara, Kamis (5/11/2020).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X