The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Siswa SD di Tulungagung Positif Covid-19
Ilustrasi anak sekolah memakai masker guna cegah corona. (Foto: ANTARA/Maulana Surya)
News

Siswa SD di Tulungagung Positif Covid-19

Guru dan teman-temannya langsung menjalani isolasi.

Kamis, 13 Agustus 2020 22:27 WIB 13 Agustus 2020, 22:27 WIB

INDOZONE.ID - Seorang siswa kelas 4 Sekolah Dasar (SD) di kawasan Tulungagung, Jawa Timur, dinyatakan positif terpapar virus corona atau Covid-19.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri mengatakan, SD tersebut belum melakukan kegiatan tatap muka, dan diketahui bahwa siswa tersebut tidak sedang dalam belajar di sekolah. Sehingga penularan tidak dalam proses belajar di sekolahan.

Lebih lanjut, Jumeri menjelaskan siswa di SD itu mengalami kesulitan pembelajaran daring maka siswa tersebut dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil.

"Kira-kira lima peserta didik setiap kelompok, dan gurunya mendatangi untuk memberikan pelajaran. Nah ada satu peserta didik itu yang reaktif positif tertular dari orang tuanya, karena orang tuanya itu sering bepergian ke berbagai daerah karena orang tuanya pedagang yang berkeliling. Empat siswa lain sudah isolasi, meskipun mereka dites tidak positif atau negatif," kata Jumeri seperti dilansir Antara, Kamis (13/8/2020).

Tidak hanya di Tulungagung, kasus serupa juga terjadi di beberapa wilayah Indonesia seperti di Balikpapan, Papua dan Pontianak.

"Di Balikpapan, ada satu guru yang terpapar COVID-19 dan ternyata tertular dari tetangganya, dan dia tidak dalam posisi ada di sekolah," kata Jumeri.

Dalam kesempatan itu, Jumeri menegaskan bahwa kasus siswa yang terinfeksi COVID-19 di sejumlah daerah tidak terkait dengan kebijakan pemerintah yang mengizinkan pembukaan sekolah untuk zona hijau dan kuning.

Menurut Jumeri, saat sekolah dibuka maupun ditutup, pasti ada risikonya. Pihaknya tidak menutup mata ada risiko-risiko pada saat terjadi interaksi antara antarmanusia atau antarpeserta didik di satuan pendidikan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US