Menkominfo Sebut Informasi Jadi Modal untuk Wujudkan Pemerintahan Digital

- Senin, 26 Oktober 2020 | 18:05 WIB
Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Program Indonesia Laywers Club di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (20/10/2020) malam. (Photo/Dok. Kominfo/AYH)
Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Program Indonesia Laywers Club di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (20/10/2020) malam. (Photo/Dok. Kominfo/AYH)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan keterbukaan informasi publik menjadi modal untuk mewujudkan pemerintahan digital Indonesia.

Di samping itu, ia juga mengatakan bahwa berdasarkan amanat Perpres Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Indonesia telah mengadopsi beragam inovasi teknologi dalam upaya pelayanan kepada publik yang lebih optimal, efektif, dan efisien.

Namun, akibat akibat adanya pandemi COVID-19, membuat seluruh pihak untuk tidak lagi terbatas pada adopsi teknologi semata, namun ada tuntutan untuk mensukseskan implementasi e-government menuju digital government.

Dalam hal tersebut, Menkominfo menyebutkan pentingnya pemanfaatan data dan informasi dalam pengambilan kebijakan menjadi prasyarat yang utama untuk mewujudkan digital government. Ia juga menyarankan agar adanya pandemi COVID-19 justru mendorong perubahan tatanan kehidupan masyarakat serta tata laku pemerintahan.

"Momentum tersebut menjadi titik di mana transformasi digital nasional menjadi kian mendesak untuk dilakukan," kata Menkominfo, dilansir dari Antara, Senin (26/10/2020).

"Perjalanan kita masih panjang. Kebutuhan publik terhadap informasi yang akurat harus terus dijamin pemenuhannya. Upaya berkesinambungan pun perlu terus dilakukan melalui beragam program untuk mewujudkan digital government, seperti melalui inisiatif Satu Data Indonesia yang didukung dengan Pendirian Pusat Data Nasional," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X