BMKG: Hujan Ekstrem Jadi Penyebab Banjir dan Longsor di Banyumas

- Rabu, 18 November 2020 | 16:41 WIB
Proses evakuasi banjir dan longsor di Banyumas, Jawa Tengah. (ANTARA/Idhad Zakaria)
Proses evakuasi banjir dan longsor di Banyumas, Jawa Tengah. (ANTARA/Idhad Zakaria)

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo, mengatakan, bencana banjir dan longsor yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Cilacap dan Banyumas, Jawa Tengah, disebabkan oleh hujan ekstrem.

"Berdasarkan hasil pantauan curah hujan di pos pengamatan curah hujan BMKG yang tersebar di beberapa wilayah Cilacap dan Banyumas pada tanggal 17 November 2020, telah terjadi hujan sangat lebat kadang disertai petir pada malam hingga pagi hari yang berdampak terhadap kejadian banjir dan longsor di dua kabupaten tersebut," kata Teguh seperti dikutip Antara, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga: Tak Bermaksud Kriminalisasi, Polda Metro Klarifikasi Alasan Memanggil Anies Baswedan

Dia menjelaskan, berdasarkan pantauan pos pengamatan curah hujan di beberapa wilayah Kabupaten Cilacap, yakni curah hujan di Kedungreja tercatat 149 milimeter, Cipari 167 mm, Sidareja 108 mm, Nusawungu 103 mm, Adipala 121 mm, Binangun 84 mm, Jeruk Legi 83 mm, dan Maos 75 mm.

Teguh menambahkan, konsentrasi curah hujan sangat lebat berada di wilayah Cilacap bagian tengah dan timur. Sedangkan, curah hujan di Kabupaten Banyumas, antara lain Gumelar tercatat 273 mm, Sudagaran 116 mm, Sumpiuh 165 mm, dan Kemranjen 107 mm.

"Konsentrasi curah hujan sangat lebat berada di wilayah Banyumas bagian tengah dan selatan. Curah hujan di atas 150 milimeter per hari masuk kategori hujan ekstrem," jelas Teguh.

Menurut dia, pemicu curah hujan tinggi karena masih ada fenomena global La Nina moderat, suhu muka laut wilayah Indonesia yang masih hangat, dan sebagian wilayah Cilacap sedang memasuki puncak musim hujan.

-
Proses evakuasi banjir dan longsor di Banyumas, Jawa Tengah. (ANTARA/Idhad Zakaria)

Kondisi atmosfer berdasarkan pantauan citra satelit pada Selasa, kata dia, terdapat badai tropis Alicia di Samudra Hindia barat Australia yang bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

"Peningkatan curah hujan masih perlu diwaspadai mengingat puncak musim hujan di beberapa wilayah Cilacap dan Banyumas diprakirakan akan berlangsung pada bulan Desember hingga Januari 2021," urainya.

Sebelumnya, sejumlah wilayah Kabupaten Cilacap dan Banyumas dilanda banjir maupun longsor akibat hujan lebat yang terjadi pada Senin 16 November malam hingga Selasa 17 November dini hari.

Baca Juga: Tagar #Anies4PresidenRI2024 Trending, FPI Sebut sebagai Bentuk Dukungan

Bencana longsor di Desa Banjarpanepen, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, mengakibatkan empat orang dalam satu keluarga tertimbun material longsoran karena rumah mereka hancur tertimpa tebing longsor. 

-
Proses evakuasi banjir dan longsor di Banyumas, Jawa Tengah (ANTARA/Idhad Zakaria)

Salah seorang di antaranya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sedangkan tiga lainnya dalam pencarian.

Sementara di Desa Bogangin, Kecamatan Sumpiuh, seorang warga juga ditemukan dalam kondisi meninggal dunia akibat rumahnya tertimpa longsoran material.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X