Sosok Marwa Elselehdar, Kapten Kapal Wanita yang Disalahkan atas Terblokirnya Terusan Suez

- Senin, 5 April 2021 | 10:29 WIB
Marwa Elselehdar (Instagram/marwa.elselehdar)
Marwa Elselehdar (Instagram/marwa.elselehdar)

Marwa Elselehdar kaget namanya malah disangkutpautkan dengan insiden kapal kontainer Ever Given yang beberapa waktu lalu kandas di Terusan Suez dan menyumbat jalur pelayaran tersibuk tersebut.

Beredar kabar bahwa Marwa yang merupakan kapten kapal perempuan pertama di Mesir ini bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Padahal, saat Ever Given menyumbat Terusan Suez, Marwa sedang berada di kapal Aida IV, ratusan mil jauhnya dari Mesir.

Kapal Aida IV kala itu bertugas memasok barang ke sebuah mercusuar di laut Merah. Kapal ini juga digunakan untuk melatih taruna yang berasal dari Akademi Sains, Teknologi, dan Transportasi Maritim (AASTMT) Arab.

Marwa Elselehdar menjadi kambing hitam gara-gara beredar berita palsu yang seolah-olah dibuat oleh media Arab News, bahwa Marwa yang menyebabkan Ever Given kandas di Terusan Suez.

Dilansir BBC, Marwa tidak tahu bagaimana bisa kisah palsu tersebut beredar dan kenapa dirinya yang menjadi sasaran.

"Saya merasa bahwa saya mungkin menjadi sasaran, barangkali lantaran saya perempuan sukses di bidang ini atau karena saya orang Mesir, tetapi saya tidak yakin," ujarnya.

Dunia kelautan memang didominasi oleh kaum adam. Marwa juga mengakui bahwa selama menempuh studi dan menjalani karir, dia kerap berurusan dengan seksisme.

"Di atas kapal, mereka semua para pria lebih tua dengan mentalitas yang berbeda, jadi sulit menemukan orang-orang yang berpikiran sama untuk diajak berkomunikasi," katanya.

"Sangat menantang untuk melalui semuanya sendirian dan dapat mengatasinya tanpa mempengaruhi kesehatan mental saya," lanjutnya.

Menurut Marwa, masyarakat masih sulit menerima kenyataan bahwa perempuan bisa bekerja di laut dan jauh dari keluarga untuk waktu lama. Namun, dia tak mengindahkan seksisme tersebut karena bahagia bisa menjalani mimpinya.

Meski perempuan, Marwa membuktikan bahwa kualifikasi kemampuannya dalam mengendalikan dan menghadapi berbagai macam situasi, tidak kalah dengan pria.

Marwa bahkan pernah mendapatkan penghormatan dari Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi atas kontribusinya.

Artikel menarik lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X