FOTO: Rekaman Rahasia Ledakan Hidrogen 'Tsar Bomba' 1961

- Sabtu, 29 Agustus 2020 | 14:55 WIB
Awan asap dan debu membubung di langit setelah apa yang disebut Tsar Bomba diledakkan dalam uji coba di kepulauan Novaya Zemlya (REUTERS/NOVAYA ZEMLYA)
Awan asap dan debu membubung di langit setelah apa yang disebut Tsar Bomba diledakkan dalam uji coba di kepulauan Novaya Zemlya (REUTERS/NOVAYA ZEMLYA)

Rusia telah merilis rekaman rahasia dari ledakan nuklir terbesar di dunia, yang disebabkan ketika Uni Soviet meledakkan nuklir yang disebut Tsar Bomba hampir 60 tahun yang lalu.

Bom hidrogen, yang membawa kekuatan 50 juta ton bahan peledak konvensional, diledakkan dalam uji coba pada Oktober 1961, 4.000 meter di atas kepulauan terpencil Novaya Zemlya di atas Lingkaran Arktik.

Rekaman itu menunjukkan bola api besar dan awan jamur setinggi 60 km naik setelah ledakan menerangi langit. Pemandangan itu ditangkap dari beberapa sudut dengan kamera yang dipasang di darat dan di atas dua pesawat Soviet.

-
Seorang konstruktor mengerjakan apa yang disebut Tsar Bomba di lokasi yang tidak diketahui di Uni Soviet (REUTERS/ROSATOM)
-
Sebuah pesawat terlihat membawa apa yang disebut Tsar Bomba sebelum menjatuhkannya dalam tes di kepulauan Novaya Zemlya (REUTERS/ROSATOM)
-
Sebuah pesawat menjatuhkan apa yang disebut Tsar Bomba dalam uji coba di kepulauan Novaya Zemlya (REUTERS/ROSATOM)
-
Tsar Bomba turun dari pesawat dalam uji coba di kepulauan Novaya Zemlya (REUTERS/ROSATOM)
-
Awan asap dan debu membubung di langit setelah apa yang disebut Tsar Bomba diledakkan dalam uji coba di kepulauan Novaya Zemlya (REUTERS/ROSATOM)
-
Awan jamur naik setelah apa yang disebut Tsar Bomba diledakkan dalam uji coba di kepulauan Novaya Zemlya (REUTERS/ROSATOM)
-
Sebuah pemandangan menunjukkan bola api setelah yang disebut Tsar Bomba diledakkan dalam uji coba di kepulauan Novaya Zemlya (REUTERS/ROSATOM)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X