Terungkap, Aksi Perusakan Mapolsek Ciracas Dipicu Oknum TNI yang Mengaku Dikeroyok

- Sabtu, 29 Agustus 2020 | 22:55 WIB
 Suasana pascapenyerangan di Polsek Ciracas, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Polsek Ciracas dikabarkan diserang oleh sejumlah orang tak dikenal pada Sabtu (29/8) dini hari. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp/pri)
Suasana pascapenyerangan di Polsek Ciracas, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Polsek Ciracas dikabarkan diserang oleh sejumlah orang tak dikenal pada Sabtu (29/8) dini hari. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp/pri)

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman tak menampik adanya oknum TNI di balik aksi perusakan Mapolsek di Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (29/8/2020) dinihari.

Menurut Dudung, peristiwa itu dipicu provokasi oknum anggota TNI berinisial MI kepada rekan seangkatan.

"Yang bersangkutan menginformasikan ke angkatan 2017 mengaku dikeroyok, ditelepon seniornya bilang dikeroyok," ujar Dudung saat menggelar konferensi pers.

Dudung mengatakan, MI telah memberikan informasi bohong kepada rekan-rekannya. Dia mengaku telah dikeroyok hingga memuicu kemarahan personel yang lain.

Padahal, berdasarkan pengakuan sejumlah saksi, MI bukan dikeroyok. Namun kecelakaan tunggal saat mengendarai sepeda motor.

Kesaksian warga tersebut diperkuat rekaman CCTV. Tidak ada aksi pengeroyokan terhadap MI.

Namun entah kenapa, MI justru mengaku dikeroyok.

"Informasi di media sosial yang bersangkutan dikeroyok. Ada beberapa kalimat yang membangkitkan emosi, sehingga dengan jiwa korsa berlebihan tidak terkendali," kata Dudung.

Berdasarkan informasi, setidaknya ada 100 orang yang diduga terlibat aksi perusakan Mapolsek Ciracas.

Sejauh ini, enam di antara mereka masih menjalani pemeriksaan oleh Polisi Militer Kodam Jayakarta.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan adanya oknum TNI yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

"Dia menyebarkan bahwa dia dikeroyok. Disebarkan ke temen-temen satu letingnya bahwa dia dikeroyok oleh masyarakat dan kemudian pengeroyok ditangani oleh polisi,"
katanya kepada wartawan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X