Puluhan Pohon Kelapa Tumbang Diterjang Gelombang Tinggi

- Kamis, 22 Agustus 2019 | 11:26 WIB
Antara/Didi Someldi Putra
Antara/Didi Someldi Putra

Tingginya gelombang air laut yang terjadi sejak dua pekan terakhir mengakibatkan puluhan pohon kelapa milik warga tumbang.

Tumbangnya pohon kelapa tersebut disebabkan oleh abrasi pantai sepanjang dua kilometer di Kampung Ujung Air, Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Abrasi menyebabkan pengikisan mencapai 15 meter dari bibir pantai," kata salah seorang warga Kampung Ujung Air, Nagari Amping Parak, Abdul Muis (77) di Painan, Kamis (22/8/2019).

Selain menyebabkan puluhan pohon kelapa tumbang, terjangan gelombang laut juga mengancam dua unit rumah warga semakin dekat dengan bibir pantai.

"Jarak bibir pantai dengan kedua rumah itu hanya sekitar enam meter saja, kami berharap segera ada upaya penanganan dari pemerintah," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas PSDA Pesisir Selatan, Doni Gusrizal mengatakan pihaknya akan menurunkan tim ke lokasi untuk memantau perkembangan.

"Tim akan berupaya meminimalkan dampak abrasi menggunakan karung berisi pasir," katanya.

Kemudian pihaknya juga melaporkan kondisi tersebut ke Balai Besar Sungai Wilayah V Sumatera Barat sehingga ada penanganan yang lebih menyeluruh.

"Wewenang penanganan pantai sebenarnya ada di balai, tapi kami tidak akan lepas tangan," katanya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X