Akhir 2019, Sumatera Miliki Tol Sepanjang 470 Kilometer

- Jumat, 6 September 2019 | 11:17 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Bakauheni. (Hutama Karya)
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Bakauheni. (Hutama Karya)

Perusahaan Konstruksi Badan Usaha Milik Negara Hutama Karya, menargetkan bisa merampungkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, sampai dengan 2019 sepanjang 470 kilometer atau 17 persen, dari target yang diamanatkan sepanjang 2.765 km.

PT Hutama Karya (Persero) terus mempercepat pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) guna meningkatkan konektivitas dan memperlancar arus distribusi barang di Pulau Sumatera.

Rencananya, pada akhir tahun ini, akan ada dua ruas tol yang diresmikan dan beroperasi yaitu Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 185 kilometer dan Ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer.

"Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung akan diresmikan Presiden RI pada bulan September 2019 ini, dan menyambungkan Bakauheni hingga Palembang," ujar Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo.

Sebelumnya, pada Maret lalu Presiden Joko Widodo telah meresmikan Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer. Adapun sisa 33 km dari ruas tersebut yaitu Kayu Agung-Palembang, konsesinya dimiliki oleh pihak lain, namun direncanakan dapat di fungsionalkan pada akhir tahun ini.

Hutama Karya mencatat, saat keseluruhan ruas Bakauheni-Palembang tersebut tersambung akhir tahun ini, maka dapat dipastikan Bakauheni menuju Palembang dapat ditempuh dalam waktu 4 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 365 kilometer. Sebelum ada tol ini, waktu tempuh tercatat 10-12 jam.

Adapun Ruas Pekanbaru-Dumai, Bintang memaparkan ruas ini dapat segera diresmikan dan dinikmati oleh masyarakat pada akhir November 2019 karena pembebasan lahan jalan tol mencapai hampir 100 persen.

Tol Ruas Pekanbaru-Dumai diyakini akan mempersingkat waktu tempuh perjalanan maupun logistik barang menjadi 1,5 jam, di mana saat ini Pekanbaru ke Dumai atau sebaliknya bisa membutuhkan waktu hingga 4-5 jam.

Di Sumatera bagian utara, yaitu Ruas Medan-Binjai, Hutama Karya telah menyelesaikan pembangunan jalan tol seksi 2 dan 3 sepanjang 11 kilometer, sedangkan untuk seksi 1 progres konstruksi telah mencapai 89 persen dan ditargetkan dapat beroperasi penuh pada Desember 2019.

-
Tol Trans Sumatera

 

BUMN ini, pada Semester I tahun 2019, mencatatkan capaian kinerja dengan pertumbuhan laba bersih senilai Rp1,105 triliun atau meningkat tajam 79,81 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2018 yaitu sebesar Rp 614 miliar.

Perolehan laba bersih Hutama Karya di semester I 2019,  meningkat tajam hingga hampir 2 kali lipat atau 50,17 persen, dari target laba bersih satu tahun yang ditetapkan oleh perusahaan. 

"Sampai dengan semester I tahun ini, banyak capaian kinerja luar biasa yang sudah diraih oleh Hutama Karya," ujarnya dalam siaranpers, Jumat (6/9).

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X