Gawat! Pemakzulan Donald Trump Bisa Berimbas ke Ekonomi Indonesia

- Jumat, 20 Desember 2019 | 08:45 WIB
Presiden AS Donald Trump berbicara saat kampanye di Battle Creek, Michigan, AS, (18/12). (Reuters/Leah Millis)
Presiden AS Donald Trump berbicara saat kampanye di Battle Creek, Michigan, AS, (18/12). (Reuters/Leah Millis)

Pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang dilakukan oleh DPR AS pada Kamis (19/12) pukul 08:00 waktu setempat, disebut bakal berpengaruh ke negara emerging market (negara berkembang) termasuk Indonesia. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dengan adanya kondisi tersebut, maka hal ini akan membuat ketidakpastian ekonomi global semakin tidak jelas.

Tentunya akan memperparah kondisi ekonomi global yang masih bergejolak lantaran berbagai kondisi seperti Brexit, perang dagang dan lainnya.

"Tadi malam di Amerika dari kongres keputusannya untuk melakukan impeachment presiden, ini memberikan ketidakpastian yang makin tinggi yang akan berpengaruh pada confident bagi pelaku ekonomi," kata Sri Mulyani dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (20/12). 

Dikatakannya bahwa sentimen ataupun tingkat kepercayaan produsen ataupun konsumen akan sangat menentukan laju pergerakan ekonomi suatu negara.

Apabila ketidakyakinan mereka meningkat, maka masing-masing akan melakukan self defense atau menahan diri untuk melakukan investasi bagi produsen dan akan menahan belanjanya bagi konsumen.

Jika hal itu terus terjadi dalam kurun waktu yang lama, dipastikan tingkat pertumbuhan ekonomi akan mengalami kontraksi.

Sri Mulyani berharap gejolak global yang masih memanas dan kasus impeachment Presiden Donald Trump tersebut akan segera mereda sehingga tidak berimbas buruk bagi Indonesia.

"Tentu itu semua akan mempengaruhi rencana mereka. Kalau konsumen ada hal yang tidak meyakinkan mereka akan menahan konsumsinya dan pelaku usaha akan menahan investasinya. Confident itu akan menentukan keputusan mereka," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X