Siswa di India Bayar SPP Pakai Sampah Plastik

- Kamis, 30 Mei 2019 | 13:56 WIB
Instagram/Akhsar_foundation
Instagram/Akhsar_foundation

Ada program unik yang ditawarkan oleh sekolah kecil di India, Akshar Forum dalam enam bulan belakangan ini. Sekolah yang terletak di desa Pamohi, Guwahati, India ini menerima sampah plastik sebagai biaya SPP.

Hal itu diterapkan untuk mendorong orang tua miskin setempat mau mengantarkan anak-anaknya ke sekolah. Sekolah yang didirikan pada 2016 lalu ini, sengaja dibangun dengan menawarkan pendidikan unkonvesional yang membantu siswa mengeksplorasi kreativitas sendiri.

Akshar Forum tidak membatasi siswa dengan kurikulum yang tetap agar siswa lebih dapat mengasah kreativitas dan ketrampilan pribadi dengan kapasitas masing-masing.

"Idenya adalah untuk melatih siswa dalam mengenali bagaimana menjalani kehidupan yang ramah lingkungan," kata Priyongsu Borthakur, Wakil Presiden Akhsar Forum.

"Seluruh program daur ulang dilakukan oleh siswa, dari awal hingga selesai,"

Jadi, siswa di sekolah ini diberikan tugas untuk mengambil sampah plastik dan rumah-rumah sekitar dan kemudian didaur ulang kembali.

"Saya masih ingat bagaimana ruang kelas kita dipenuhi asap beracun setiap kali seseorang di sekitar sekolah membakar sampah plastik. Kami ingin mengubahnya dan mendorong siswa untuk membawa sampah plastik sebagai biaya sekolah," kata dia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X