Dikira Gigitan Serangga, Pria Ini Ternyata Kena Kanker Darah

- Senin, 23 September 2019 | 12:43 WIB
ilustrasi/The Healthy/nypost
ilustrasi/The Healthy/nypost

Mike Balla yang berasal dari Ohio merasakan nyeri yang tak biasanya di kakinya pada Agustus 2018 lalu. Awalnya Mike menduga bahwa itu disebabkan oleh semacam gigitan serangga.

Ia kemudian memeriksakan nyeri itu ke pusat kesehatan serta dokter pribadinya. Tak kunjung mengalami perubahan setelah dua minggu pemeriksaan dan mengkonsumsi pengobatan antibiotik, ia kemudian pergi ke rumah sakit.

-
ilustrasi/The Healthy

 

Setelah menjalani pemeriksaan di unit gawat darurat Cleveland Clinic Fairview Hospital, dokter mengatakan bahwa benjolan merah itu bukan karena gigitan serangga tetapi tanda kanker darah.

"Aku bilang,'Anda pasti di ruangan yang keliru. Aku kemari untuk memeriksakan gigitan serangga di kakiku," ujar Mike.

Dokter kemudian menjelaskan bahwa benjolan itu adalah indikasi myeloid leukimia akut, yaitu tipe kanker yang menyasar darah serta tulang sumsum. Kanker jenis ini dapat berkembang dengan cepat jika tak segera ditangani.

Setelah didiagnosis menderita kanker darah, Mike kemudian menjalani kemoterapi. Untungnya, gejala kanker darah ini cepat ditemukan.

-
nypost

 

Setelah menjalani satu bulan rawat inap, kondisinya mulai membaik. Mike juga mendapat transplantasi sumsum tulang belakang dari saudara lelakinya pada bulan Desember tahun lalu dan mulai menjalani proses penyembuhan.

Usai menjalani proses penyembuhan, Mike dinyatakan bebas kanker. Namun pada Mei 2019, kanker darah Mike kembali lagi. Untungnya, setelah menjalani kemoterapi kondisinya berangsur-angsur membaik dan Mike dinyatakan bebas dari kanker.

-
Thesun

 

Mengalami kejadian seperti ini, Mike ingin mengingatkan semua orang untuk tak mengabaikan gejala penyakit yang tampak sepele.

"Aku telah belajar bahwa kita harus mendengarkan tubuh kita dan memeriksakannya," ujar Mike.

Dr. Aaron Gerds, onkolog dari Cleveland Clinic mengatakan bahwa kanker yang dialami Mike sangat berbahaya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X