KAI Luncurkan Kereta Istimewa, Tarifnya Rp40 Juta Sekali Jalan

- Sabtu, 28 September 2019 | 13:30 WIB
Ilustrasi Kereta Istimewa (Antara/Siswowidodo).
Ilustrasi Kereta Istimewa (Antara/Siswowidodo).

PT. Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan layanan Kereta Api Istimewa, di depan Pusdiklat Ir H. Djuanda, Bandung, Sabtu (28/9).

Peresmian itu dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Edi Sukmoro (Direktur Utama KAI), serta jajaran pejabat KAI.

Kereta Istimewa merupakan layanan komersial privat yang dihadirkan KAI. Satu rangkaian kereta hanya terdiri dari dua gerbong, yang masing-masing maksimal berisi 20 penumpang. 

Kereta Istimewa menggunakan mesin diesel di setiap gerbongnya. Teknologi itu membuat kereta bisa berjalan sendiri tanpa ditarik lokomotif. 

Fasilitas yang tersemat di Kereta Istimewa pun kelas bintang lima. Sebut saja seperti mini bar, musala, lounge, hingga tempat karaoke.

Ruang rapat dengan interior mewah juga dibuat di salah satu gerbong. Meja panjang, kursi empuk, hingga layar lebar dan proyektor tak luput disediakan KAI. 

Dengan berbagai fasilitas kelas satu, PT. KAI membanderol kereta itu dengan harga Rp40 juta untuk sekali booking perjalanan Jakarta-Bandung, maupun sebaliknya dengan kapasitas 40 penumpang. 

"Jadwal berangkatnya bisa kapan saja," kata Budi. 

Jadwal Kereta Istimewa bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena tidak terintegrasi dengan perjalanan KA reguler.

Kereta yang dikelola anak usaha KAI, yakni PT. KA Pariwisata itu bisa dipesan untuk perjalanan Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Semarang.

“Kereta Istimewa cocok digunakan untuk bisnis, reuni, event, bahkan rekreasi keluarga dan lain sebagainya,” tutur Edi.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X