Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik, Jokowi Sindir Anies

- Kamis, 8 Agustus 2019 | 10:49 WIB
Presiden Joko Widodo berpidato saat peresmian gedung baru Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis (8/8/2019). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Joko Widodo berpidato saat peresmian gedung baru Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis (8/8/2019). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Presiden Joko Widodo mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk segera dimulai. Secara khusus, dia meminta pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk membantu wacana ini segera terealisasi.

Permintaan ini disampaikan Jokowi setelah meresmikan gedung baru ASEAN di Jakarta, Kamis (8/8/2019). Dalam acara itu, turut hadir Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Kita mendorong, terutama Gubernur DKI Jakarta yang APBD-nya gede, bisa memberi insentif," ujar Jokowi.

Jokowi kemudian menjelaskan, bentuk pemberian intensif untuk kendaraan listrik bisa bermacam-macam. Mulai dari restribusi parkir gratis hingga subsidi pembelian kendaraan listrik.

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, ada beberapa negara yang memberikan subsidi dengan jumlah besar untuk membeli kendaraan listrik. Dia berharap, Jakarta bisa menjadi percontohan. 

-
Kendaraan listrik. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

"(Bisa) dimulai seperti di Jakarta, busnya, mendorong taksi-taksinya (ganti kendaraan listrik). Bisa saja motor listrik digunakan di Jakarta dulu," tuturnya.

Sudah Ada Perpres

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mengungkapkan telah menandatangani Peraturan Presiden tentang mobil berbasis elektrik pada Senin (5/8/2019).  

Perpres ini diharapkan bisa mendorong perusahan-perusahan otomotif untuk mempersiapkan industri kendaraan listrik di Tanah Air. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X