Tidak Sengaja Makan Babi, Seperti Apa Hukumnya dalam Islam?

- Kamis, 28 November 2019 | 16:20 WIB
Ilustrasi (Pexels/Amanda Kerr)
Ilustrasi (Pexels/Amanda Kerr)

Pemain Timnas Indonesia di SEA Games 2019 dikabarkan tak sengaja makan daging babi di Filipina karena tak ada informasi yang jelas dari panitia.

Menurut laporan Maki Pulido yang dilansir GMANews, keteledoran panitia penyelenggara membuat para pemain tak sengaja mengonsumsi makanan yang terlarang bagi para pemain muslim.

Lantas seperti apakah hukumnya bagi umat Islam yang tidak sengaja atau tidak tahu daging yang dimakannya adalah daging babi.

Buya Yahya dalam video ceramahnya di Youtube Al-Bahjah TV menjawab pertanyaan dari salah satu jamaah. Jamaah mempertanyakan bagaimana hukumnya jika tidak sengaja makan babi?

Buya Yahya mengatakan bahwa Allah SWT maha pengampun. Olehnya itu, jika ada yang tidak tahu atau tidak sengaja makan babi, maka tidak haram.

"Allah maha penampun, itu tidak haram karena tidak sengaja dan tidak sengaja," ujarnya.

Lanjut Buya Yahya, jika sudah terlanjur makan babi maka tidak perlu dikerok perutnya. Kalau bisa dimuntahkan, muntahkan. Tapi kalau tidak bisa, tidak perlu dipaksakan.

"Tidak perlu dikerok perutnya. Kalau bisa dimuntahkan, muntahkan tapi kalau tidak bisa, tidak perlu dipaksakan dimuntahkan. Allah SWT maha pengampun dan maha mengetahui," kata Buya.

PSSI sendiri telah membantah kabar buruk yang menyebut pemain muslim Timnas U-23 Indonesia makan daging babi di SEA Games 2019 Filipina.

Humas PSSI, Gatot Widakdo menyatakan bahwa pemain muslim Timnas U-23 Indonesia tidak memakan daging babi selama SEA Games 2019 di Filipina.

Artikel menarik lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X