Indonesia Harus Lepas Label Negara Paling Hobi Beri Diskon dan Promo
Ilustrasi promo diskon. (pexels.com)
News

Indonesia Harus Lepas Label Negara Paling Hobi Beri Diskon dan Promo

Dinilai tak sehat.

Jumat, 29 November 2019 17:41 WIB 29 November 2019, 17:41 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia menjadi negara yang paling hobi memberikan diskon dan promo dalam penjualan produk di kawasan Asia Tenggara. Itu berdasarkan studi dari Google Temasek. 

Namun, status itu justru membuat Indonesia harus waspada. Peneliti Ekonomi Digital dari Institut Development for Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, menilai persaingan usaha di Tanah Air sudah tak sehat lagi. 

Menurut Bhima, fenomena 'bakar uang' untuk memberikan diskon atau promo yang terjadi di Indonesia sudah tidak wajar. Hal tersebut harus dihentikan. 

Selain berbahaya bagi persaingan usaha, aksi 'bakar uang' untuk diskon dan promo juga tidak efektif untuk menggaet loyal konsumen. 

"Lalu ada tantangan kalau misalnya sistem ini ambruk, satu pemain besarnya tumbang, ini ke penjualan juga akan berdampak," ujar Bhima kepada Indozone, Jumat (29/11). 

Dia menilai, saat ini yang ditawarkan kepada konsumen bukanlah inovasi. Namun, yang dimunculkan lebih ke arah promosi dan diskon. 

"Model bisnis seperti ini sepertinya lebih ke arah temporer," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Wirawan Kusuma
Sigit Nugroho

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU