Erick Thohir Terus Berkomitmen Kembangkan EBT di Indonesia, Energy Watch Berikan Apresiasi

- Kamis, 10 Maret 2022 | 14:14 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus menunjukkan terobosan-terobosan demi mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia. Hal tersebut pun mendapatkan apresiasi dari Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan.

Langkah tersebut dinilai dapat memberikan dampak yang positif bagi Indonesia ke depan terutama menyangkut mengenai penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.

"Pastinya akan lebih ramah lingkungan dan akan lebih murah, karena memang akan mengurangi beban penggunaan listrik," kata Mamit, Kamis (10/3/2022).

Mamit mengatakan upaya yang dilakukan Erick sejalan dengan upaya pemerintah yang menargetkan net zero emission pada tahun 2060, sehingga harus mulai dijalankan pada saat ini dengan mendorong BUMN berkolaborasi menekan penggunaan energi fosil beralih ke EBT.

"Komitmen untuk pengembangan EBT ini sudah sangat bagus. Dalam hal ini Erick Thohir mendorong sinergi BUMN dalam pengembangan EBT," ulasnya.

Salah satu bukti Erick Thohir mewujudkan EBT yaitu mendorong perusahaan BUMN di antaranya PT Bukit Asam Tbk dan PT Jasa Marga melakukan terobosan dalam membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Tol Bali Mandara.

"Saya kira memang sangat diperlukan kerja sama antar-BUMN dalam rangka meningkatkan kapasitas EBT di Indonesia. Hal ini diperlukan dalam rangka mengejar target bauran energi yang ditetapkan," ulas Mamit.

Begitu juga dengan perusahaan BUMN lainnya seperti PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan Gojek, Electrum, Gesit, Gogoro, dan Perusahaan Baterai Indonesia (IBC) untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dan terlengkap di Indonesia.

Mamit meyakini pada sektor industri kendaraan listrik Indonesia bisa menjadi pemain utama, sebab melimpahnya nikel sebagai kandungan komponen utama beterai listrik yang terkandung dalam tanah air.

Baca Juga: Erick Thohir Akan Bubarkan 8 BUMN, Ini Daftarnya

Namun, hal itu perlu juga mendapat dukungan secara global, dalam hal ini Indonesia dapat memanfaatkan momentum forum Presidensi G-20, dimana Indonesia menjadi tuan rumah yang bisa mengajak dunia internasional komitmen mempercepat transisi energi melalui kebijakan yang bersifat progresif.

“Kemudian selanjutnya pasti dukungan dari dunia internasional, karena mereka berkomitmen memberikan bantuan kepada Indonesia agar proses transisi ini bisa berjalan secepatnya. Karena kalau tanpa bantuan dari internasional saya kira kebobolan, nggak mungkin, nggak ada dananya,” bebernya.

Tidak hanya mendapatkan dukungan, Mamit juga mendorong Presidensi G-20 sebagai momentum untuk mendapatkan dukungan pendanaan demi memperlancar rencana pemanfaatan EBT.

“Selanjutnya saya kira kenapa kita harus optimistis, karena memamg dengan kebijakan pemerintah terkait EBT Juga sangat masif, dengan kebijakan-kebijakan yang mengarah ke green energy saat ini. Begitu juga sedang digodok rancangan undang-undang EBT di mana ini pastinya akan memberikan kepastian hukum bagi investor untuk investasi EBT ke Indonesia,” ujar Mamit.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X