The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ditanya soal Kesiapan Jakarta Menuju Endemi, Ini Jawaban Wagub DKI
Sejumlah warga melintasi zebra cross di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
News

Ditanya soal Kesiapan Jakarta Menuju Endemi, Ini Jawaban Wagub DKI

Apa jawabannya?

Selasa, 17 Mei 2022 22:03 WIB 17 Mei 2022, 22:03 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi terkait kesiapan ibu kota yang mengalami transisi dari masa pandemi Covid-19 menjadi endemi, yakni masyarakat hidup berdampingan dengan virus Corona.

Riza mengatakan, menetapkan status peralihan dari pandemi ke endemi adalah kewenangan dari Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), dan pemerintah pusat.

“Jadi status itu kewenangannya bukan di Pemprov, pemerintah pusat bersama WHO,” ucap Riza di Balai Kota DKI, Selasa (17/5/2022).

Lebih lanjut, mantan Anggota DPR RI tersebut menilai apabila sejumlah negara telah melonggarkan aturan memakai masker, namun belum diputuskan untuk ditetapkan status endemi.

“Kita lihat di beberapa negara, sekalipun sudah turun dan membuka masker, tapi belum diputuskan statusnya sebagai endemi,” ungkapnya.

Baca Juga: Stok Vaksin Minim, Korut Perangi Covid-19 dengan Pengobatan Tradisional

“Sekalipun negara tersebut menganggap sudah seperti endemi tapi statusnya masih pandemi,” tandas Riza.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terus mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh di masa transisi normal baru ini.

“Insya Allah, sebentar lagi kita akan segera melewati pandemi ini dengan baik. Terus bersabar, bersama-sama kita berdoa, dan jaga imunitas tubuh, jaga kesehatan, semoga kita semua terhindar dari wabah yang berbahaya,” ucap Anies, Kamis (12/5/2022).

“Ingat, pandemi ini belum benar-benar berakhir, jangan abai, tetap pakai maskernya, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan di setiap selesai berkegiatan,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US