Penista Agama Jozeph Paul Zhang Ada di Luar Negeri, akan Jadi Buronan Interpol

- Minggu, 18 April 2021 | 13:31 WIB
Video viral Jozeph Paul Zhang (Youtube/Jozeph Paul Zhang)
Video viral Jozeph Paul Zhang (Youtube/Jozeph Paul Zhang)

Bareskrim Polri serius mengusut kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Jozeph Paul Zhang, pria yang mengaku sebagai nabi ke-26 melalui video viral di saluran YouTube miliknya.

Karena Jozeph Paul tidak berada di Indonesia, kepolisian bekerjasama menggandeng Interpol untuk mengamankan pria tersebut.

Berdasarkan data perlintasan imigrasi, Jozeph Paul Zhang sudah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018. Meski begitu, Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto menegaskan hal itu tidak menghalangi pihaknya mendalami perkara tersebut.

"Mekanisme penyidikannya akan terus berjalan walaupun yang bersangkutan di luar negeri," kata Agus.

Bareskrim Polri akan bekerja sama dengan kepolisian luar negeri alias interpol dan membuat daftar pencarian orang (DPO) terhadap Jozeph Paul Zhang agar bisa dideportasi dari negara tempat dia berada.

"Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau enggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan," kata Agus.

Meskipun polisi belum menerima laporan masyarakat mengenai video penistaan agama Jozeph Paul Zhang, polisi tetap dapat menindak.

Konten intoleran yang menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyarakat dapat merusak persatuan dan kesatuan dapat ditindak sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kapolri.

"Kalau yang seperti itu 'kan bisa dibuat laporan temuan penyidik atas konten intoleran, menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyrakat, merusak persatuan dan kesatuan, sesuai dengan SE Kapolri 'kan ditindak tegas," kata Agus.

Jozeph Paul Zhang sendiri menantang siapa saja yang berani melaporkan dirinya kepada kepolisian terkait dengan penistaan agama dengan mengaku sebagai nabi ke-26.

Dia bahkan sesumbar akan membayar Rp1 juta per satu laporan polisi dengan maksimal 5 laporan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X