Agar KKB Bisa Dibasmi di Papua, IPW: Menjadikan KKB sebagai Teroris adalah Solusi

- Rabu, 21 April 2021 | 12:06 WIB
Tangkapan layar para anggota Kelompol Kriminal Bersenjata (KKB) yang tengah berada di Puncak Jaya, Papua. (Istimewa)
Tangkapan layar para anggota Kelompol Kriminal Bersenjata (KKB) yang tengah berada di Puncak Jaya, Papua. (Istimewa)

Indonesian Police Watch (IPW) menyoroti maraknya aksi teror di Papua yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) akhir-akhir ini. Lantas, bagaimana cara ampuh membasmi KKB?

IPW memandang pemerintah Indonesia harus mengevaluasi kondisi keamanan masyarakat di Papua. Hal ini wajib dilakukan lantaran teror KKB semakin hari semakin menggila.

"Pemerintah perlu mengevaluasi secara menyeluruh mengenai kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Papua. Poin utama dari evaluasi menyeluruh itu adalah kenapa kondisi keamanan di Papua terus menerus membara?," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane saat dihubungi Indozone, Rabu (21/4/2021).

"Dan kenapa KKB terus beraksi serta sudah berapa banyak aparatur keamanan dan masyarakat tewas ditangan KKB? Sebaliknya berapa banyak KKB yang tewas maupun ditangkap aparat keamanan?," sambung Neta.

IPW memandang KKB harus dikategorikan sebagai teroris agar aparat bisa memperlakukan atau menindak KKB layaknya aparat menindak teroris. Usulan masuknya KKB dalam kategori teroris juga sempat digelontorkan oleh masyarakat Papua.

"Beberapa waktu lalu, sejumlah warga Papua mendatangi BNPT dan meminta KKB Papua dikatagorikan sebagai teroris, sehingga dalam mengatasi aksi-aksi KKB, Polri bisa menerapkan cara-cara pembasmian terorisme seperti selama ini," kata Neta.

"Menjadikan KKB sebagai teroris adalah solusi. Dengan dijadikannya KKB sebagai teroris, polisi bisa menggunakan cara-cara pembasmian teroris dalam membasmi KKB," pungkas Neta.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X