The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cegah Tertular Virus Corona saat Salat Tarawih, Ini Saran IDI
Ilustrasi salat. (Pexels/Michael Burrows)
News

Cegah Tertular Virus Corona saat Salat Tarawih, Ini Saran IDI

Simak ya.

Kamis, 22 April 2021 10:48 WIB 22 April 2021, 10:48 WIB

INDOZONE.ID - Di bulan Ramadan tahun ini, pelaksanaan Salat Tarawih diizinkan di daerah yang tidak termasuk zona merah. Ketua Divisi Pedoman & Protokol Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Eka Ginanjar pun menyarankan agar masyarakan mencuci alat salat secara rutin agar kebersihan terjaga, terutama bagi yang menjalankan ibadah di masjid atau musala.

Eka mengatakan, jika memungkinkan, pisahkan alat salat yang biasa digunakan di rumah dan yang akan digunakan untuk salat di masjid atau bepergian. Caranya, siapkan tas khusus yang berisi sajadah, sarung atau mukena untuk dibawa ke masjid.

Kemudian jaga jarak dengan orang lain untuk meminimalkan risiko droplet menempel di alat-alat alat.

"Tidak perlu setiap hari, tapi reguler dicuci jauh lebih baik, misalnya tiga sampai empat hari sekali," kata Eka dikutip dari Antara, Kamis (22/4/2021).

BACA JUGA: Cowok Ini Dihujat Netizen karena Bingung Pilih antara 2 Cewek, Disuruh Bangun dan Nguli

Eka juga mengingatkan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Kemudian, pilihlah tempat salat yang memang sudah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, termasuk punya sirkulasi udara yang baik.

"Selama sirkulasi dalam masjid dirasakan baik, maka tidak masalah salat di dalam masjid. Prinsip VDJ (Ventilasi, Durasi dan Jarak) harus diperhatikan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US