Ini Klarifikasi Imigrasi Bandara Soetta Terkait Masuknya Ratusan Warga Negara India

- Jumat, 23 April 2021 | 15:41 WIB
Ilustrasi penumpang di bandara. (photo/Ilustrasi/Pixabay/RainerPrang)
Ilustrasi penumpang di bandara. (photo/Ilustrasi/Pixabay/RainerPrang)

Pihak Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta menjelaskan soal kedatangan 135 Warga Negara Asing (WNA) asal India ke Indonesia, pada Rabu, 21 April 2021 malam. Sebelumnya kabar kedatangan WN India itu diketahui dari Kementerian Kesehatan.

Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Romi Yudianto menyebutkan, WN India yang tiba di Bandara Soetta bukan berjumlah 135 orang, namun 117 orang. Para WN India itu tiba di Indonesia menggunakan pesawat AirAsia QZ988.

"Bukan 135 (penumpang), tapi 117 penumpang, dan kalau dengan kru jadi 127," katanya, Jumat, 23 April 2021.

Lebih lanjut, para WNA itu lebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan secara ketat yang dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta, dengan pemeriksaan PCR/Swab. Pemeriksaan itu merupakan syarat wajib untuk masuk ke Indonesia dengan menyatakan mereka bebas dari Covid-19.

Apabila para WNA itu memenuhi syarat, makan diizinkan melanjutkan ke tahap pemeriksaan dokumen keimigrasian counter Imigrasi.

"Mereka (117 warga India) itu lebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan, dan sehat, lalu lanjut ke pengecekan dokumen. Dan mereka memenuhi syarat masuk Indonesia. Dimana memiliki Kitas (kartu izin tinggal terbatas) dan Kitap (kartu izin tinggal tetap)," ujarnya.

Usai lolos pemeriksaan kesehatan dan dokumen keimigrasian, selanjutnya mereka akan ditangani oleh Satgas Covid-19 untuk dikarantina selama 5 hari.

"Saat dikarantina, mereka juga menjalani pemeriksaan kesehatan kembali dan PCR/Swab ulang, untuk memastikan mereka benar-benar aman dari Covid-19," katanya.

Ia juga menegaskan, bila pihaknya bersama instansi terkait seperti KKP, Satgas Covid berkomitmen untuk mengantisipasi, mencegah penularan COVID-19 dengan ketat melakukan pengawasan, pemeriksaan kesehatan, dokumen keimigrasian penumpang pesawat dari luar negeri.

"Hal ini kami lakukan untuk memberikan rasa aman dan memutus rantai penularan COVID-19," ujarnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X