Video Horor Kebakaran Hutan di Yunani yang Bagaikan Adegan Film Kiamat

- Senin, 9 Agustus 2021 | 10:59 WIB
Kebakaran hutan di Yunani (REUTERS/Alexandros Avramidis)
Kebakaran hutan di Yunani (REUTERS/Alexandros Avramidis)

Kebakaran hutan masih melalap Pulau Evia, Yunani. Hingga hari keenam pada Minggu (8/8/2021), api masih belum bisa dikembalikan. Ribuan warga pun diungsikan dari rumah mereka dengan menggunakan kapal feri ke tempat aman.

Evia yang merupakan pulau terbesar kedua di Yunani ini sedang menghadapi kebakaran parah, yang menghanguskan ribuan hektar hutan asli di bagian utara, dan memaksa penduduk di puluhan desa mengungsi.

"(Ini) seperti film horor," kata seorang pengungsi berusia 38 tahun yang sedang hamil, setelah naik ke atas feri di pelabuhan kota Pefki yang dihujani abu, dikutip dari Reuters, Senin (9/8/2021).

"Tapi sekarang bukan film, ini kejadian nyata, ini horor yang kami alami sepanjang pekan lalu," kata dia.

Kebakaran hutan kali ini merupakan yang terburuk di Yunani dalam tiga dekade dan menghanguskan banyak tempat Yunani saat gelombang panas melanda selama sepekan.

Proses evakuasi berjalan dramatis di bawah langit malam yang merah karena asap.. Para pengungsi lain meninggalkan desa mereka dengan berjalan kaki malam hari, melintasi jalan yang diterangi pohon-pohon terbakar.

Gubernur Yunani tengah, Fanis Spanos, mengatakan situasi pemadaman "sangat sulit".

"Lokasi kejadian sangat besar, kawasan yang terbakar sangat luas," kata dia kepada Skai TV.

Yunani telah mengerahkan tentara untuk mengatasi kebakaran dan sejumlah negara seperti Prancis, Mesir, Swiss, dan Spanyol telah mengirimkan bantuan, termasuk pesawat pemadam.

Lebih dari 570 petugas pemadam berjuang mematikan api di Evia. Sementara itu, di desa Psaropouli, para pengungsi mengungkapkan kemarahan mereka.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X