The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hadapi Ancaman China, Jepang Pasang Benteng Rudal di Pulau-pulau Tepi Laut China Timur
Tentara Jepang melakukan latihan anti rudal menggunakan sistem rudal Patriot PAC-3. (JapanTimes)
News

Hadapi Ancaman China, Jepang Pasang Benteng Rudal di Pulau-pulau Tepi Laut China Timur

Tambah anggaran.

Senin, 29 November 2021 14:18 WIB 29 November 2021, 14:18 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Jepang mempercepat proyek peningkatan pertahanan untuk menghadapi ancaman China. Terkait hal ini, pemerintah Jepang telah sepakat untuk menambah anggaran pertahanan senilai US$6,75 miliar atau setara Rp96,8 triliun.

"Tambahan dana ini akan digunakan untuk meningkatkan peluncur rudal berbasis darat di pulau-pulau di lepas pantai Laut China Timur," kata pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Jepang dikutip dari XNews, Senin (29/11/2021).

Peningkatan benteng pertahanan Jepang ini sebenarnya telah direncanakan sebelumnya. Namun tambahan dana tersebut akan membuat barisan rudal di tepi Laut China Timur terwujud tiga bulan lebih cepat dari jadwal semula.

Di Jepang, penambahan anggaran pertahanan seperti ini merupakan hal yang lumrah. Hanya saja, Kementerian Pertahanan Jepang mengakui tambahan anggaran tersebut menjadi yang paling besar ketimbang yang terjadi selama ini.

Upaya memperkuat benteng pertahanan di pulau-pulau terluar Jepang, dinilai sangat mendesak mengingat kehadiran China yang terus menekan Taiwan. Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, upaya China dalam menekan Taiwan akan menggerakkan pasukan Negeri Tirai Bambu sekitar 100 kilometer dari wilayah Jepang. 

Hal ini telah membuat Jepang resah, karena mengancam rute perdagangan maritim utama yang memasok minyak dan barang-barang lainnya ke Jepang. Itu juga akan memberi China pangkalan yang memberi mereka akses tak terbatas ke Pasifik Barat.

"Ketika lingkungan keamanan di sekitar Jepang memburuk dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, tugas mendesak kita adalah mempercepat pelaksanaan berbagai proyek," kata Kementerian Pertahanan Jepang.

Selain itu, Kementerian Pertahanan Jepang juga mengalokasikan penambahan rudal Patriot PAC-3 dalam tambahan anggaran tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghadapi ancaman Korea Utara di sisi lain wilayah Jepang. 

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
Gema Trisna Yudha

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US