Sejumlah Pemimpin Sipil Sudan Ditangkap Pasukan Militer

- Senin, 25 Oktober 2021 | 12:20 WIB
Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok salah satu pemimpin yang ditangkap. (REUTERS/Hannibal Hanschke)
Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok salah satu pemimpin yang ditangkap. (REUTERS/Hannibal Hanschke)

Pasukan militer menangkap beberapa anggota pemimpin sipil Sudan pada hari Senin (25/10/2021), menurut laporan Al Hadath TV, dilansir Reuters.

Sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa pasukan militer telah menyerbu rumah penasihat media Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok dan menangkapnya.

Sementara itu, saksi mengatakan bahwa layanan internet tampaknya mati di ibu kota, Khartoum.

Menurut sumber yang tak ingin disebutkan namanya, Al Hadath mengatakan Hamdok telah ditempatkan di bawah tahanan rumah, dan pasukan militer yang tidak dikenal menangkap empat menteri kabinet, satu anggota sipil dari Dewan Berdaulat yang berkuasa, dan beberapa gubernur negara bagian dan kepala partai politik.

Baca juga: Upaya Kudeta di Sudan Berhasil Digagalkan, Situasi Terkendali

Sudan berada di ujung tanduk sejak kudeta yang gagal bulan lalu melepaskan tuduhan pahit antara kelompok militer dan sipil yang dimaksudkan untuk berbagi kekuasaan setelah penggulingan mantan pemimpin Omar al-Bashir pada 2019.

Bashir digulingkan dan dipenjara setelah berbulan-bulan protes jalanan. Transisi politik yang disepakati setelah penggulingannya dimaksudkan untuk mengarah pada pemilihan umum pada akhir 2023.

Saat ketegangan meningkat bulan ini, koalisi kelompok pemberontak dan partai politik bersekutu dengan militer. Pendukung militer telah melakukan aksi duduk di luar istana presiden menyerukan militer untuk membubarkan pemerintah sipil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X