Setelah 2 Tahun, Ban yang Berada di Leher Rusa Ini Akhirnya Bisa Dilepaskan

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 12:00 WIB
Rusa terbebas dari ban di lehernya (Twitter/@CPW_NE)
Rusa terbebas dari ban di lehernya (Twitter/@CPW_NE)

Seekor rusa besar dari hutan belantara Colorado, AS, sudah 2 tahun menderita karena ada ban yang mengalungi lehernya.

Rusa yang berusia 4,5 tahun itu pertama kali dideteksi dengan penampilan yang tak biasa saat pihak berwenang melakukan survei liar. Kala itu, otoritas kaget melihat rusa tersebut memiliki ban di lehernya.

Akhirnya, pelacakan pun dilakukan untuk menemukan rusa ini. Pelacakan cukup lama karena rusa ini sulit ditemukan.

Hingga akhirnya beberapa hari lalu rusa ini berhasil dideteksi oleh petugas dari Colorado Park. Petugas kemudian melakukan operasi penyelamatan terhadap rusa tersebut.

Pertama-tama, rusa itu dibius dan petugas bergegas mencoba melepaskan ban dari lehernya. Namun, ban itu tak bisa keluar karena tersangkut tanduk rusa itu.

Ban juga tidak bisa dipotong karena terlalu keras dan petugas takut malah melukai hewan seberat 207 kg itu. Akhirnya, petugas memutuskan untuk memotong tanduk rusa itu.

“Sangat sulit melepasnya (ban)… Situasinya dinamis dan kami harus melepaskan ban dengan cara apa pun yang memungkinkan.” kata petugas Scott Murdoch, dikutip dari The Drive, Minggu (24/10/2021).

Petugas juga mempertimbangkan bahwa waktu mereka terbatas karena rusa itu bisa sadar dari bius kapan saja. Tanduk rusa juga akan tumbuh tak lama kemudian, sehingga mereka menempuh cara itu.

Kini, rusa itu terlepas dari ban seberat 16kg di lehernya yang banyak berisi kotoran dan pinus.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X