Lagi, Kuburan Massal Penduduk Pribumi Kanada di Temukan di Sekolah Katolik

- Jumat, 25 Juni 2021 | 08:01 WIB
Kuburan massal di Kamloops, British Columbia, Kanada, ditemukan (REUTERS/Jennifer Gauthier)
Kuburan massal di Kamloops, British Columbia, Kanada, ditemukan (REUTERS/Jennifer Gauthier)

Ratusan kuburan tak bertanda telah ditemukan di dekat bekas sekolah perumahan Katolik untuk anak-anak Pribumi di Kanada barat. 

Dilansir dari Al Jazeera, media lokal melaporkan Rabu malam, beberapa minggu setelah penemuan sisa-sisa ratusan anak sekolah Pribumi yang mengejutkan seluruh negeri.

Baca Juga: Ratusan Orang Hadiri Pemakaman Keluarga Muslim Kanada yang Jadi Sasaran Islamofobia

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh beberapa media Kanada, termasuk CBC dan CTV, komunitas Indigenous Cowessess mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah menemukan hal yanng mengerikan dan mengejutkan yakni ratusan kuburan tak bertanda selama penggalian di bekas sekolah asrama Marieval.

"Jumlah kuburan tak bertanda akan menjadi yang paling signifikan hingga saat ini di Kanada," kata pernyataan dari Cowessess First Nation dan Federation of Sovereign Indigenous First Nations (FSIN), yang mewakili Bangsa Pertama Saskatchewan.

Bulan lalu, sisa-sisa 215 anak yang beberapa berusia tiga tahun, ditemukan terkubur di situs yang dulunya merupakan sekolah perumahan Pribumi terbesar di Kanada dekat Kamloops, British Columbia.

Marieval Indian Residential School yang beroperasi dari tahun 1899 hingga 1997 berlokasi di mana Cowessess sekarang berada, sekitar 140km (87 mil) timur Regina, ibu kota Saskatchewan.

Setelah penemuan sisa-sisa di British Columbia, penggalian dilakukan di dekat beberapa bekas sekolah untuk anak-anak Pribumi di seluruh Kanada, dengan bantuan otoritas pemerintah.

Sekolah perumahan Marieval di Saskatchewan timur menampung anak-anak Pribumi antara tahun 1899 dan 1997 sebelum dihancurkan dan diganti dengan sekolah harian.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X