The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pimpinan DPR Harap Ada Kesepakatan Terkait Waktu Pencoblosan Pemilu 2024
Ilustrasi surat suara. (Antara)
News

Pimpinan DPR Harap Ada Kesepakatan Terkait Waktu Pencoblosan Pemilu 2024

Selasa, 05 Oktober 2021 19:21 WIB 05 Oktober 2021, 19:21 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus mengharapkan ada kesepakatan antara Komisi II DPR, pemerintah dan penyelenggara pemilu perihal jadwal atau tanggal pencoblosan Pemilu 2024.

Dia menginginkan kesepakatan antara DPR, pemerintah, dan penyelenggara Pemilu sesuai dengan usulan pemerintah bahwa 15 Mei 2024 sebagai hari pencoblosan Pemilu.

"Komisi II tentunya akan melaksanakan lobi-lobi politik tentunya dengan KPU kemudian juga dengan pemerintah. Sehingga diharapkan ada kesepakatan dari usulan pemerintah itu tanggal 15 Mei sebagai hari pencoblosan untuk pemilu, yaitu untuk Pilpres dan Pileg nanti,” kata Lodewijk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Menurut Lodewijk, Partai Golkar sendiri sudah sepakat dengan usulan pemerintah yang menginginkan pencoblosan dilakukan pada tanggal 15 Mei 2024.

Baca juga: Berprinsip Efektif dan Efisien, Gerindra Dukung Pemerintah Gelar Pemilu 2024 pada 15 Mei

“Kami sudah mengambil keputusan, sepakat usulan pemerintah yaitu pemilu dilakukan pada tanggal 15 Mei,” beber Sekjen Partai Golkar ini.

Namun demikian, menurut Lodewijk sampai saat ini Partai Golkar dan Partai Gerindra saja yang menyepakati usulan dari pemerintah di tanggal 15 Mei.

“Dari media sosial yang saya liat yang sementara sudah sepakat itu Gerindra dengan Golkar. Kami melihat juga tentunya masing-masing fraksi akan mensimulasikan ini dengan masukan dari pemerintah dan Golkar sudah simulasikan itu sehingga kami sepakat tanggal 15 Mei," tutur Lodewijk.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah mengusulkan agar Pilpres dan Pemilu 2024 digelar pada 15 Mei 2024.

Hal itu berdasarkan hasil rapat internal yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam, Menseskab Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan, di Istana, Jakarta, Senin (27/9).

Mahfud dalam pernyataan resminya dalam akun YouTube Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, menjelaskan pemerintah telah melakukan simulasi tentang tanggal pemilihan, pemungutan suara presiden, dan legislatif pada tahun 2024.

"Ada tiga pilihan tanggal pemilu, yakni 24 April, 15 Mei, 8 Mei atau 6 Mei," katanya dikutip dari ANTARA. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Harits Tryan Akhmad
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US