Dilanda Hujan Lebat, Tujuh Titik di Bekasi Terendam Banjir

- Sabtu, 29 Mei 2021 | 23:17 WIB
Petugas BPBD Kota Bekasi, Jawa Barat melakukan pemantauan di titik banjir yang melanda wilayah itu pada Sabtu (29/5) petang. (photo/ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)
Petugas BPBD Kota Bekasi, Jawa Barat melakukan pemantauan di titik banjir yang melanda wilayah itu pada Sabtu (29/5) petang. (photo/ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Jawa Barat melaporkan ada tujuh titik di daerah itu terendam banjir akibat hujan lebat yang melanda sejak Sabtu (29/5) sore hingga malam. 

"Hujan lebat membuat sejumlah wilayah terendam banjir akibat peningkatan volume air," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Agus Harpa di Bekasi dikutip dari ANTARA.

Agus mengatakan peningkatan debit air itu berimbas pada kawasan yang memiliki drainase buruk hingga menyebabkan genangan bahkan sampai memasuki permukiman warga.

Baca juga: Elon Musk Sebutkan Jika Dinosaurus Memiliki Pesawat Luar Angkasa, Mereka Pasti Masih Hidup

"Hujan intensitas tinggi ini berakibat tujuh titik tergenang banjir hingga malam ini," katanya.

Tujuh titik ituadalah Perumahan Pondok Gede Housing 1, Jati Rahayu, Pondok Melati dengan genangan air terpantau setinggi 30-70 sentimeter dan Perum Jatibening Permai setinggi 60 sentimeter.

Kemudian di Perum Pondok Hijau dengan genangan air terpantau setinggi 30 sentimeter, Jalan utama Pasar Burung dan Perum Rawalumbu Utara, Pengasinan setinggi lima sampai 30 sentimeter, serta Perum Narogong Bekasi Timur dengan ketinggian muka air 10-80 centimeter.

"Lima titik ini memiliki sistem drainase buruk. Saluran air yang tidak berfungsi baik mengakibatkan air hujan tidak mengalir sehingga menggenangi jalan," ucapnya.

Sementara dua titik banjir lainnya berada di Perum Bumi Nasio Indah serta Perumahan Dosen IKIP dengan ketinggian air terpantau 30-90 centimeter.

Di dua titik ini, kata Agus, selain hujan lebat, genangan air juga diakibatkan meluapnya air Kali Bekasi.

"Petugas sudah melakukan assessment di lokasi tersebut. Secara keseluruhan saat ini beberapa titik sudah mulai surut," kata dia.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X