2 Pasien Baru Omicron RI Ternyata Ada Riwayat Perjalanan dari Inggris dan Amerika Selatan

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 11:43 WIB
Foto udara suasana RSDC Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)
Foto udara suasana RSDC Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mendeteksi dua pasien yang terkonfirmasi varian Omicron. Dengan demikian per hari ini Jumat (17/12/2021) tercatat tiga kasus konfirmasi varian Omicron di Tanah Air.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi, mengatakan bahwa dua pasien tersebut merupakan hasil pemeriksaan sampel dari 5 kasus probable Omicron yang baru kembali dari luar negeri.

“Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet,” ucap Nadia, Sabtu (18/12/2021).

Terkait dengan temuan ini, Nadia menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terlebih dahulu. Terlebih mengingat laju penyebaran Omicron terbukti sangat cepat.

“Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari Covid-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini,” paparnya.

“Penting sekali bagi kita untuk saling menjaga orang-orang terdekat agar tidak tertular COVID-19, terlebih dengan adanya varian Omicron saat ini. Jadi saya tegaskan kembali agar tidak berpergian ke luar negeri dahulu untuk kebaikan kita bersama,” tambah Nadia.

BACA JUGA: Kemenkes: Kasus Baru Omicron di Indonesia Tambah Dua, Total Jadi Tiga Orang

Seperti diketahui sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan asien pertama yang terpapar Omicron pada Kamis lalu atas inisial N. Ia merupakan seorang pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet Kemayoran.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X