Dukung Muktamar, NasDem ingin Bangun Sinergi dengan NU

- Kamis, 23 Desember 2021 | 13:50 WIB
Spanduk Muktamar NU ke-34 terpasang di salah satu jalan Protokol di Bandar Lampung, Lampung, Selasa (21/12/2021). (ANTARA FOTO/Ardiansyah)
Spanduk Muktamar NU ke-34 terpasang di salah satu jalan Protokol di Bandar Lampung, Lampung, Selasa (21/12/2021). (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Partai NasDem memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) pada 22-23 Desember 2021 di Lampung. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Mohammad Haerul Amri, mengatakan, pihaknya menginginkan terjadi sinergisitas antara NasDem dan NU di masa-masa mendatang.

Karena itu, ia berharap pelaksanaan muktamar kali ini berjalan sukses dan menghasilkan kepemimpinan yang kuat bagi NU kedepan.

“Siapapun tokoh yang terpilih di muktamar nanti merupakan pilihan yang terbaik bagi NU," kata Amri kepada wartawan, Kamis (23/12/2021).

Amri mengharapkan agar sosok yang terpilih bisa merangkul seluruh pihak. Sebab, kata dia, politik NU adalah politik negara, yang merangkul semua kekuatan politik, berpijak pada pluralisme, toleransi, serta menghormati kebhinekaan.

“Kita ingin pasca-muktamar tidak ada lagi perpecahan. Semua bersatu padu untuk umat dan untuk Indonesia yang lebih baik,” katanya menguraikan.

Pada Muktamar NU ke-34 ini mengerucut tiga nama bakal calon Ketua Umum PBNU. Mereka adalah KH Prof Dr Said Aqil Siradj, KH Dr As'ad Said Ali, dan KH Yahya Cholil Staquf.

Amri memandang tokoh yang masuk dalam nominasi calon ketua umum PBNU merupakan figur-figur terbaik. Oleh karenanya siapapun yang terpilih harus dihormati dan ditaati seluruh pihak.

“Kader NU yang menjadi peserta muktamar diharapkan mampu bermusyawarah dan mencari solusi atas berbagai permasalahan umat dan bangsa,” ujar Amri berharap.

Tak itu saja, Amri juga menginginkan adanya jalinan sinergitas antara NU dengan Partai NasDem di masa-masa mendatang. Karena bagaimanapun, NasDem dapat menjadi penyalur dan penghubung misi NU.

Amri mengatakan, hal ini tergambar nyata melalui program, struktur, dan platform yang dimiliki NasDem. Bahkan, Amri menyebut, sejumlah program Partai NasDem didesain seiiring dan sejalan dengan perjuangan NU.

“Partai NasDem sebagai salah satu kekuatan nasional sangat ideal bermitra dengan NU, baik terkait urusan nasional yakni kerakyatan atau keumatan, juga urusan internasional, yaitu politik bebas aktif demi terwujudnya misi besar NU membumikan Islam rahmatan lil ‘alamin," katanya menjelaskan.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X