Antisipasi Kelangkaan, Pertamina Bakal Pasok BBM Selama 24 Jam hingga Lebaran

- Minggu, 17 April 2022 | 02:10 WIB
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite ke sepeda motor konsumen di SPBU Yos Sudarso, Palangkaraya. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite ke sepeda motor konsumen di SPBU Yos Sudarso, Palangkaraya. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

PT Pertamina (Persero) mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) mulai dari hulu hingga hilir selama 24 jam, guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang diprediksi meningkat selama Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah.

“Kami berkomitmen memastikan kebutuhan energi masyarakat tersedia dengan baik selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini," kata Direktur Utama Pertamina Patra Niaga SH C&T Alfian Nasution, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (16/4/2022).

Ia mengatakan mengusung semangat Energi untuk Istiqamah, Pertamina pada Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1443 Hijriah ini terus teguh, bekerja keras dalam menjalankan amanah mendistribusikan energi bagi masyarakat mengingat pada tahun ini kebutuhan BBM, LPG, dan juga Avtur akan mirip seperti kondisi normal dengan terus terkendalinya pandemi Covid-19.

"Saat ini tren konsumsi energi masyarakat sejak awal 2022 terus menunjukkan peningkatan dan mendekati konsumsi masyarakat sebelum pandemi," katanya.

Baca Juga: Ada 81 Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi, Kapolri: 117 Orang Jadi Tersangka

Menurut dia untuk memastikan kebutuhan terpenuhi, Pertamina Patra Niaga terus memastikan stok selalu tersedia untuk menyeimbangkan permintaan dengan suplai yang disalurkan untuk masyarakat.

"Saat ini, tercatat rata-rata ketahanan seluruh produk BBM di atas 16 hari, LPG di level 13 hari dan Avtur diatas 33 hari," katanya.

Ia memprediksi kebutuhan energi untuk wilayah Bangka Belitung jenis bahan bakar Pertamax Series diproyeksikan meningkat sebesar 29,2 persen, Dex series mengalami sedikit penurunan dari rerata konsumsi harian saat ini.

Sedangkan Pertalite diprediksi akan meningkat sebesar 14,4 persen, Bio Solar diprediksi akan sedikit mengalami peningkatan dari rerata konsumsi harian saat ini, khususnya pada saat menjelang lebaran, untuk avtur sendiri akan ada peningkatan dari rerata konsumsi harian.

"Dengan kondisi yang kian membaik, Pertamina Patra Niaga selaku Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) terus berkomitmen memastikan kebutuhan energi tersedia dengan baik," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X