Satu Orang Narapidana Terorisme Jadi Korban Kebakaran Lapas Tangerang

- Rabu, 8 September 2021 | 12:46 WIB
Kebakaran Lapas Tangerang. (Dok. Kemenkumham)
Kebakaran Lapas Tangerang. (Dok. Kemenkumham)

Satu orang korban yang tewas akibat kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas I Tangerang, Banten merupakan narapidana terorisme. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly pada Rabu (8/9/2021).

"Dari yang meninggal, ada 41 orang, mohon maaf, 1 tindak pidana pembunuhan, 1 terorisme, dan lainnya narkoba. Namun demikian kami sekali lagi atas nama kementerian menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada seluruh keluarga," kata Yasonna.

Selain narapidana terorisme, satu narapidana dengan kasus pembunuhan juga menjadi korban tewas kebakaran Lapas Tangerang. Sementara itu, korban lainnya merupakan narapidana dengan kasus narkotika.

Baca juga: Anggota DPR Minta Dirjen PAS Lakukan Penyelidikan Usai Kebakaran di Lapas Tangerang

Dua Warga Negara Asing (WNA) asal Afrika Selatan dan Portugal juga menjadi korban kebakaran lapas Tangerang.

"Dua di antara korban meninggal dunia merupakan Warga Negara Asing dari Afrika Selatan dan Portugal," ungkap Yasonna.

Terkait penyebab kebakaran tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengecek langsung Lapas Kelas 1 Tangerang yang ludes terbakar. Dugaan sementara akibat arus pendek listrik.

"Tadi saya sudah lihat di TKP, berdasarkan pengamatan awal patut diduga karena terjadi hubungan pendek arus listrik," kata Irjen Fadil kepada wartawan di lokasi, Rabu (8/9/2021).

Di kesempatan berbeda, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus belum mau menduga-duga terkait penyebab kebakaran. Dia menyebut pihaknya masih melakukan olah TKP untuk mencari penyebab kebakaran maut yang menyebabkan puluhan orang tewas tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X