The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Giat PLN Hapus Nestapa Kebakaran Kilang Cilacap: Jaga Pasokan Listrik Agar Asa Tetap Nyala
Kobaran api di Tangki 36 T-102, Kilang Cilacap, tampak jelas dari ruas jalan baru yang menghubungkan Jalan MT Haryono dengan Jalan Juanda, Cilacap, Minggu (14/11/2021) pagi. (Foto: ANTARA/Sumarwoto)
News

Giat PLN Hapus Nestapa Kebakaran Kilang Cilacap: Jaga Pasokan Listrik Agar Asa Tetap Nyala

Selasa, 16 November 2021 18:39 WIB 16 November 2021, 18:39 WIB

INDOZONE.ID - Sabtu malam, 13 November 2021, adalah malam yang mencekam di kawasan Cilacap Utara dan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pukul 19.20 WIB, saat masyarakat sedang menikmati akhir pekan bersama orang-orang terkasih, tiba-tiba Tangki 36 T-102 kilang minyak Pertamina Unit IV Cilacap terbakar. Tangki tersebut berisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite sebanyak 31.000 kiloliter.

Kebakaran tersebut merupakan yang kedua kalinya terjadi di kilang minyak Cilacap kurun tahun 2021. Sebelumnya, kebakaran terjadi pada Juni 2021, namun tidak sedahsyat seperti malam itu.

Kobaran api terlihat dari tangki di kilang PT Pertamina Internasional Unit Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021). ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Kobaran api terlihat dari tangki di kilang PT Pertamina Internasional Unit Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021). ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Akibat kebakaran yang luar biasa hebat itu, banyak warga yang tinggal di sekitar kilang terpaksa mengungsi.

"Kami harus mengungsi supaya aman," ujar Mudi, 59 tahun, warga lingkungan RT 02 RW 03, Kelurahan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah, saat ditemui wartawan pada Minggu pagi (14/11/2021).

Sebagaimana setiap musibah, pastilah akan mendatangkan kesedihan bagi orang-orang yang terdampak. Jika biasanya dapat tidur nyenyak dan beraktivitas dengan normal dan lancar, warga yang terdampak terpaksa harus menjalani hari-hari yang tidak mudah.

Menyadari hal itu, selagi semua pihak berupaya untuk mengatasi dan menyelidiki penyebab musibah yang sudah terjadi, PT PLN (Persero) juga tidak tinggal diam. Apalagi, peran PLN bagi kehidupan masyarakat sangatlah besar, terutama menyangkut ketersediaan pasokan listrik agar aktivitas dapat segera pulih.

Kobaran api disertai kepulan asap terlihat dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.)
Kobaran api disertai kepulan asap terlihat dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

PLN mencoba membantu memulihkan nestapa warga dengan bergerak cepat memulihkan dan mengamankan jaringan listrik yang terdampak kebakaran kilang minyak tersebut.

Jaringan listrik di sekitaran kawasan kilang minyak tersebut sempat padam akibat penggunaan aqueous film forming foam atau AFFF.

Dari 242 gardu yang terdampak pemadaman pada Minggu siang (14/11/2021), PLN berhasil memulihkan pasokan listrik bertahap untuk 10.890 pengguna hingga pukul 17.00 WIB.

Petugas PLN langsung mengecek 80 trafo yang mengalirkan listrik ke sekitar 3.500 pelanggan untuk mencegah gangguan dari sisi busa pemadaman area kilang yang terbakar.

"Langkah pengamanan jaringan yang dilakukan demi menjaga aset instalasi PLN agar tidak berdampak kerusakan lebih besar yang tentu akan mempengaruhi layanan kepada pelanggan," ujar Manager UP3 Cilacap PLN Bramantyo Anggun Pambudi, dalam keterangannya pada Senin (15/11/2021).

Kepulan asap terlihat dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)
Kepulan asap terlihat dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Dijelaskan Bramantyo, busa AFFF yang sebelumnya digunakan untuk memadamkan api banyak berterbangan di udara, sehingga dikhawatirkan mengganggu jaringan dan aset instalasi PLN.

"Setelah petugas melakukan pengecekan kondisi jaringan, kami langsung melakukan penormalan secepatnya dengan mempertimbangkan keselamatan dan keamanan," jelas Bramantyo.

Berdasarkan catatan PLN, terdapat sejumlah daerah yang terdampak pemadaman, antara lain sekitar jalur Jalan MT Haryono, Banjaran, Jalan Kalisapu, Kawasan Industri, Jalan Flores, Jalan Kalimantan, Perum Sidanegara, Jalan Suasa, Jalan Tamrin, dan Donan.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan," imbuh Bramantyo.

Apa yang dilakukan PLN tersebut pada dasarnya merupakan upaya agar asa tetap menyala di tengah rundungan duka.

ist
PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (Jabar) berhasil memulihkan delapan dari 10 gardu distribusi yang terdampak kebakaran kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jabar, yang terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari. (Foto: Humas PLN Jabar)

Gerak sigap serupa sebelumnya juga dilakukan PLN pada Maret 2021 lalu, saat kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, terbakar.

Waktu itu, Senin dini hari, 29 Maret 2021, kilang minyak milik Pertamina terbakar hingga menyebabkan 10 gardu listrik terdampak.

PLN lantas bergerak cepat dengan memulihkan 7 gardu yang memasok listrik bagi masyarakat umum.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US