100 Juta Orang Diprediksi Akan Lakukan Perjalanan Mudik Lebaran Tahun Ini

- Rabu, 30 Maret 2022 | 12:26 WIB
Ilustrasi Mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Ilustrasi Mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkap bahwa berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pasca kebijakan penghapusan aturan tes antigen/PCR dalam bepergian berpotensi terhadap peningkatan arus mudik Lebaran yang cukup tinggi.

Dia berujar dengan dihapusnya aturan tes Covid-19 ada 55 juta pelaku perjalanan mudik. Sementara jika tanpa syarat atau cukup dengan vaksin dosis kedua, diperkirakan akan ada 79 juta warga yang melakukan perjalanan mudik, dan bilamana ada kemudahan lainnya angkanya bisa mencapai 100 juta warga mudik.

“Kalau ada kemudahan lain, misal ada mudik bersama, nah peluangnya mendekati 100 juta (pemudik).  Maka dari itu, jika kita betul-betul menyiapkan ibadah Ramadan dengan baik, otomatis kelambatan ekonomi kemarin akan bisa ditebus pada masa lebaran ini,” ujar Muhadjir dalam siaran persnya dikutip Rabu (30/3/2022).

Muhadjir menuturkan pemerintah sudah mengatur sejumlah pengaturan kegiatan dan kapasitas ibadah selama bulan ramadan yang teruang dalam SE Menag No.4 Tahun 2022 dan Imendagri No.8 Tahun 2022, serta pengaturan pergerakan masyarakat dalam SE Menhub No.21 Tahun 2022.

Baca Juga: Hore! PT KAI Siapkan 4,7 Juta Tempat Duduk untuk Mudik Lebaran 2022

Seperti halnya kegiatan tarawih, buka puasa, takbiran menyesuaikan ketentuan kapasitas tempat ibadah, yakni PPKM level 3 maksimal 50%, PPKM level 2 maksimal 75% dan PPKM level 1 maksimal 75%. 

“Sementara untuk pelaku perjalanan dalam negeri yang telah mendapatkan vaksin kedua atau ketiga (booster), tidak perlu menunjukkan hasil swab antigen dan PCR,” bebernya.

Lebih lanjut, Muhadjir optimis Ibadah ramadan dapat dilaksanakan lebih khidmat dan leluasa karena situasi pandemi Covid-19 mulai melandai. Ia harap momentum ini menjadi bulan ibadah istimewa, sekaligus momentum untuk terus menekan angka kasus Covid-19, serta memacu peningkatan ekonomi.

“Tentunya, jika aturan ibadah Ramadan dan pelaksanaan mudik dipersiapkan dengan baik,”  tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X