Nama Yuri Gagarin, Manusia Pertama ke Luar Angkasa Dihapus Dampak Rusia Invasi Ukraina

- Minggu, 20 Maret 2022 | 14:36 WIB
Yuri Gagarin. (SAS Scandinavian Airlines/Wikimedia Commons)
Yuri Gagarin. (SAS Scandinavian Airlines/Wikimedia Commons)

Nama Yuri Gagarin, manusia pertama yang bepergian ke luar angkasa, telah dihapus dalam sebuah acara karena dampak invasi Rusia ke Ukraina.

Gagarin adalah kosmonot Uni Soviet yang melakukan perjalanan bersejarah pada 12 April 1961. Namanya diabadikan dalam sebuah acara Space Foundation, yakni organisasi nirlaba Amerika Serikat (AS).

Organisasi itu menggunakan nama Gagarin untuk penggalangan dana yang rutin diadakan setahun sekali dengan nama acara “Yuri’s Night”.

Namun, nama tersebut diganti pada tahun ini menjadi, “A Celebration of Space: Discover What’s Next”.

Baca juga: Gigi Ruwanita Beberkan Alasannya Berpisah dari Doni Salmanan: Saya Diceraikan

Mengutip laporan RT, Minggu (20/3/2022) Space Foundation menjelaskan alasan perubahan nama acara karena terkait adanya situasi dunia saat ini, yang merujuk serangan Rusia ke Ukraina.

“Mengingat peristiwa dunia saat ini, (penggalangan dana berganti nama menjadi) ‘A Celebration of Space: Discover What’s Next,” demikian pernyataan Space Foundation.

Namun, halaman itu kemudian dihapus dan diganti dengan agenda konferensi yang telah diperbarui. Akan tetapi tak mencatumkan nama acara sebelumnya, Yuri’s Night.

Yuri Gagarin menciptakan sejarah dengan menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa menggunakan kapsul Vostok dan berhasil mengorbit bumi sekali.

Gagarin yang lahir di desa Uni Soviet, yang saat ini menjadi bagian dari Rusia, meninggal pada Maret 1968 pada usia 34 tahun, karena kecelakaan saat latihan rutin.

Selama masa hidupnya dan setelah kematiannya, Gagarin sangat dihormati oleh Uni Soviet dan dunia atas pencapaiannya.

Sementara Yuri's Night telah diselenggarakan sejak tahun 2000. Acara itu rutin dilakukan setiap tahun untuk memperingati tonggak sejarah dalam eksplorasi ruang angkasa.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X