Heboh Elektabilitas Erick Thohir Langsung Meningkat Tajam di Pilpres 2024

- Jumat, 29 April 2022 | 10:28 WIB
Erick Thohir (Kanan) (Istimewa)
Erick Thohir (Kanan) (Istimewa)

Peta politik menjelang Pilpres 2024 semakin ramai diperbincangkan masyarakat. Bahkan, baru-baru ini warga dihebohkan dengan tingkat elektabilitas Erick Thohir yang meningkat tajam dalam beberapa survei terakhir.

Paling terbaru, survei Indikator Politik yang diumumkan Selasa 26 April 2022 siang. Survei itu menyebutkan, tingkat elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir naik tajam dari 1,3 persen pada Februari 2022 menjadi 2,4 persen pada April 2022 ini.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi dalam pemaparan hasil survei itu menjelaskan, angka yang diraih Erick Thohir ini sama dengan yang didapat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Hanya saja, Erick Thohir tetap tergolong unggul karena dia bukan orang partai politik dan pendatang baru di percaturan politik nasional. Sementara Sandiaga Uno adalah petinggi Partai Gerindra dan pernah berkompetisi pada Pilpres 2019 lalu.

Lebih lanjut dijelaskan, elektabilitas Erick Thohir unggul tipis dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hanya meraih 1,9 persen suara responden dan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang mengoleksi 1,3 persen suara.

BACA JUGA: Duet Prabowo-Erick Thohir di Pilpres 2024 Dinilai Sangat Pas!

Tokoh-tokoh lain seperti Ketua DPR yang juga putri Ketua Umum PDI Perjuangan Puan Maharani hanya mendapat 1,1 persen, Mahfud MD 0,7 persen, dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto hanya mendapat 0,5 persen.

Menurut survei tersebut, lanjut Burhanuddin Muhtadi, meningkatnya elektabilitas Erick Thohir sejalan dengan tingkat kesukaan publik terhadap Erick Thohir yang juga naik tajam.

Meski tingkat popularitas Erick Thohir hanya mencapai 53,6 persen, tingkat kesukaan publik terhadap dia sangat tinggi, yaitu mencapai 75,9 persen. 

Sementara itu, elektabilitas tertinggi menurut hasil survei Indikator Politik ini diraih Ganjar Pranowo dengan 26,7 persen. Ia menggusur Prabowo Subianto yang bergeser ke posisi kedua dengan tingkat elektabilitas 23,9 persen.

Posisi ketiga dipegang Anies Baswedan dengan tingkat elektabilitas 19,4 persen diikuti Ridwan Kamil (3,5 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (3,2 persen) di posisi keempat dan kelima.

Survei Indikator Politik ini dilakukan pada 14-19 April 2022 secara tatap muka terhadap 1.220 sampel dari seluruh provinsi yang diambil secara proporsional. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan toleransi kesalahan kurang lebih 2,9 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X