Vaksin AstraZeneca Memiliki Lebih Banyak Manfaat daripada Bahaya Menurut Badan Obat Eropa

- Senin, 14 Juni 2021 | 16:07 WIB
Ilustrasi vaksin AstraZeneca. (REUTERS/Dado Ruvic)
Ilustrasi vaksin AstraZeneca. (REUTERS/Dado Ruvic)

Banyak negara di Eropa telah mengumukan penghentian vaksin AstraZeneca karena dapat menyebabkan efek samping yang merugikan.

Namun, pejabat terkait kemudian mengklarifikasi bahwa pernyataan itu disalahpahami dan menekankan bahwa vaksin AstraZeneca lebih banyak manfaatnya daripada bahayanya bagi semua orang, khususnya untuk yang berusia 60 tahun ke atas.

Media Italia pernah melaporkan bahwa Cavareri, kepala departemen vaksin Badan Obat Eropa, menunjukkan bahwa karena kekhawatiran tentang efek samping trombotik yang langka dan munculnya vaksin alternatif.

Tapi, Cavareri mengeluarkan pernyataan pada hari Minggu, waktu setempat, yang menyatakan bahwa pernyataannya disalahpahami oleh media. Ia percaya bahwa vaksinasi AstraZeneca memiliki lebih banyak keuntungan daripada kerugian untuk semua kelompok umur, terutama orang berusia 60 tahun ke atas.

Dikutip dari Oriental Daily, karena kematian akibat trombosis pada remaja lokal, pemerintah Italia pekan lalu mengatakan akan membatasi vaksinasi AstraZeneca untuk orang berusia 60 tahun atau lebih.

Menteri Kesehatan di Italia Speranza mengatakan pada hari Minggu bahwa AstraZeneca akan terus digunakan untuk orang berusia 60 tahun atau lebih.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X