Menkes: Vaksin Booster akan Dimulai Januari 2022, Diutamakan untuk Lansia

- Selasa, 14 Desember 2021 | 16:37 WIB
Ilustrasi vaksinasi kepada kaum lanjut usia (lansia) (NTARA FOTO/Adeng Bustomi)
Ilustrasi vaksinasi kepada kaum lanjut usia (lansia) (NTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster akan dilakukan pada bulan Januari 2022.

“Ketentuan vaksin booster secara umum ini akan dimulai pada bulan Januari 2022,” kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Namun, Budi menekankan ada sejumlah syarat administrasi yang harus diperoleh. Seperti vaksin booster harus mendapatkan izin dari WHO dan BPOM terlebih dahulu.

Baca Juga: Pemberian Vaksin Booster Mulai Dilaksanakan Januari 2022

“Kemudian vaksin booster diharapkan direview oleh ITAGI. Dan Iagi bisa memberikan rekomendasi. Kita harapkan bisa keluar sebelumnya,” tuturnya.

Disisi lain, Budi mengatakan, proses perizinan bagi vaksin booster sedang dilakukan. Kemudian penelitian terhadap vaksin booster pun sedang berkala mengingat harus melalui riset dan uji klinis.

Kemudian, Menkes berujar bahwa vaksin booster akan diberikan prioritas ke kaum lanjut usia (lansia). Kelompok lansia akan diberikan vaksin booster setelah tenaga kesehatan (nakes).

“Karena di manapun di seluruh dunia booster diberikannya kepada orang beresiko, sesudah nakes lalu diberikan ke lansia,” tandas Budi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X