The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ungkap Penyebab Banjir di Sintang, Jokowi: Kerusakan Daerah Aliran Sungai
Presiden Joko Widodo. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
News

Ungkap Penyebab Banjir di Sintang, Jokowi: Kerusakan Daerah Aliran Sungai

Segera diatasi.

Rabu, 08 Desember 2021 15:03 WIB 08 Desember 2021, 15:03 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan sejumlah penyebab dari banjir yang menimpa kawasan Sintang, Kalimantan Barat. Hal tersebut disampaikannya usai meninjau daerah tersebut bersama dengan jajaran terkait.

Jokowi menyebutkan, selain dikarenakan hujan yang ekstrem, penyebab banjir di Sintang terjadi lantaran kerusakan daerah aliran sungai. Sehingga, ia perintahkan agar masalah itu segera diatasi dengan baik.

"Pertama memang adanya hujan yang ekstrem. Tapi yang kedua ini perlu kita atasi adalah kerusakan daerah aliran sungai, kerusakan catchment area/daerah tangkapan hujan," ucapnya, Rabu (8/12/2021).

Dalam konfrensi persnya secara virtual di Youtube Sekretariat Presiden, Kepala Negara ini pun memerintahkan penanaman pohon kembali di daerah-daerah sekitar Sungai Kapuas maupun Sungai Melawi sebagai bentuk upaya antisipasi banjir.

Baca juga: Disindir soal Banjir Sintang, Presiden Disebut Sudah Minta Bu Risma untuk Turun Tangan

"Inilah yang akan kita siapkan untuk dikerjakan yaitu penanaman kembali, penanaman pohon, penghutanan kembali daerah-daerah yang berada di sekitar Sungai Kapuas maupun Sungai Melawi," terang Jokowi.

Sementara itu, untuk antisipasi jangka pendek penanganan banjir, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun meminta agar dibangun tanggul, dan berharap  upaya itu bisa mengurangi banjir di Sintang.

"Yaitu dengan membuat tanggul dari geotube yang diisi pasir, yang kita harapkan dalam jangka pendek bisa mengurangi banjir yang ada," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Sarah Hutagaol
Fitri

Fitri

Writer
Sarah Hutagaol

Sarah Hutagaol

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US