The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Yasonna Laoly Usul Bandar Narkoba Dibuat Miskin untuk Efek Jera
Menkumham Yasonna H. Laoly. (ANTARA FOTO Muhammad Adimaja)
News

Yasonna Laoly Usul Bandar Narkoba Dibuat Miskin untuk Efek Jera

Dimasukkan ke TPPU

Rabu, 02 Februari 2022 19:30 WIB 02 Februari 2022, 19:30 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memberikan usul agar bandar narkotika harus dibuat miskin sebagai bentuk memberikan efek jera dalam peredaran narkoba di Indonesia.

Menurut Yasonna pemiskinan itu dapat dilakukan dengan mengenakan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) kepada para bandar barang haram tersebut. Ia menilai pasal bisa dimasukkan ke dalam revisi Undang-Undang Narkotika

“Maka pemakainya yang harus dihilangkan (direhabilitasi). Bandarnya dimiskinkan melalui TPPU, nanti barangkali usulnya di Undang-Undang Narkotika. (Bandar narkoba) memang harus dimiskinkan melalui TPPU,”kata Yasonna dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Maka dari itu Yasonna berharap aturan memiskinkan bandar narkoba dapat diatur tegas dalam revisi Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Baca juga: Anggota Polisi yang Sita Motor Tanpa Surat Tugas di Banten Masih Diperiksa Propam

“Tidak boleh tidak, supaya dia ada efek jeranya. Nah ini mudah-mudahan, Pak, nanti bisa segera pasti. Saya harap Komisi III, yang bisa melakukannya,” ujar Yasonna.

Yasonna menyampaikan bahwa rencana revisi UU Narkotika sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo melalui surat pada November 2021. Sehingga pihaknya siap untuk melakukan pembahasan di tahun 2022 ini.

"Kita harapkan dalam waktu dekat bisa kita bahas dengan Komisi III karena menurut hemat kami revisi UU Narkotika sangat genting untuk kita segerakan," tukas Yasonna.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Rachmat Fahzry
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US