Heboh Tanah Bergerak di Bogor, BNPB : Masyarakat Diimbau Mengungsi

- Senin, 6 Januari 2020 | 16:01 WIB
Fenomena tanah bergerak [Instagram @makassar_iinfo]
Fenomena tanah bergerak [Instagram @makassar_iinfo]

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

Sebuah video yang diunggah akun @makassar_iinfo mendadak menjadi perbincangan netizen lantaran memperlihatkan fenomena tanah bergerak dan mengalir seperti sungai.

Diketahui kejadian tersebut terjadi di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (6/1). 

Video berdurasi 29 detik tersebut memperlihatkan betapa dahsyatnya tanah lumpur yang bergerak dan seperti mengalir hingga menumbangkan banyak pohon.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) merilis himbauan dan menkonfirmasi video berdurasi tersebut dalam situs resminya bnpb.go.id dengan judul "Konfirmasi Video Berdurasi 29 Detik adalah Fenomena Pergerakan Tanah di Sungai Ci Durian".

"Berdasarkan sumber yang diterima dari Bupati Kabupaten Lebak, peristiwa tersebut terjadi di aliran Sungai Ci Durian yang melalui Kecamatan Curug Bitung dan Kecamatan Maja. Sungai Ci Durian merupakan sungai yang mengalir dari Pegunungan Halimun melewati Kabupaten Bogor dan Banten kemudian bermuara di Laut Jawa,"
 

"Oleh karena itu masyarakat dihimbau agar miningkatkan kewaspadaan dan mengungsi ke tempat yang lebih aman, terutama bagi yang tinggal di Kecamatan Curugbitung, atau kawasan yang dilalui sungai Ci Durian," seru Agus Wibowo Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam siaran persnya Senin (6/1).

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X