Jelang Tahun Baru, Mulai Besok Ada Rekayasa Lalu Lintas di Ibukota

- Minggu, 29 Desember 2019 | 09:46 WIB
Pembangunan panggung untuk acara malam Tahun Baru di kawasan Bundaran HI, Jakarta. (Antara/Reno Esnir)
Pembangunan panggung untuk acara malam Tahun Baru di kawasan Bundaran HI, Jakarta. (Antara/Reno Esnir)

Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar rangkain acara di sejumlah wilayah di Ibukota, pada malam pergantian tahun 31 Desember mendatang. 

Merujuk pada Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 122 Tahuun 2019 tentang Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2020, nantinya akan ada 5 panggung musik dengan fokus di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Panggung utamanya di Bundaran HI, bekerjasama dengan Indosiar. Kemudian (ada panggung) di Pintu Barat Monas (Patung kuda), Patung Husni Thamrin, kemudian di depan Gedung Jaya, di Dukuh Atas dan di halaman Balaikota," kata Sekda DKI Jakarta Saefullah dalam keterangannya beberapa waktu lalu. 

Selain itu, ada pula penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur di empat lokasi, yakni Terowongan Kendal, trotoar Halte Menara UOB, trotoar sekitar Bawaslu RI dan trotoar depan Sarinah.

Terkait hal tersebut, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal melakukan penutupan ruas jalan dan melakukan pengalihan arus lalu lintas mulai dari persiapan acara, gladi bersih, hingga waktu pelaksanaan acara.

Untuk gladi bersih tanggal 30 Desember 2019, akan dilakukan pengaturan lalu lintas secara tentatif pada pukul 14.00 WIB - 23.00 WIB.

-
Sekda DKI Jakarta, Saefullah (Paling kanan). (Indozone/Nani Suherni)

 

Sementara itu, pada saat acara tanggal 31 Desember 2019, dilakukan pengaturan lalu lintas sebagai berikut: 

  • Penutupan Jl. Medan Merdeka Selatan dimulai pukul 16.00 sampai dengan 23.00 untuk menunjang acara Nikah Massal di Halaman Gedung Balai Kota Jakarta. Untuk kendaraan peserta Nikah Massal akan diarahkan pintu Tenggara Monas (Dekat Gambir); 

  • Pukul 14.00, penutupan Jl. MH. Thamrin dan Jl. Jend. Sudirman dimaksud untuk mengkondisikan sekaligus mensterilkan lokasi acara dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara (memperhatikan situasi di lapangan); 

  • Pukul 17.00 sampai dengan 1 Januari 2020 pukul 01.00, penutupan jalan dari arah Utara menuju Selatan dan sebaliknya mulai dari Simpang Harmoni sampai dengan Bundaran Senayan secara keseluruhan; 

  • Pukul 20.00 sampai dengan 1 Januari 2020 pukul 01.00, pergerakan kendaraan dari arah timur ke barat maupun arah barat ke timur pada Simpang Jl. Budi Kemuliaan – Jl. Medan Merdeka Selatan, Simpang Jl. Kebon Sirih – Jl. M.H Thamrin, Simpang Jl. Wahid Hasyim – Jl. M.H Thamrin, dan Bundaraan HI ditutup total. 

Adapula penutupan ruas jalan yang dilakukan di sejumlah titik, dengan rincian sebagai berikut: 

  • Jl. Majapahit sisi Timur ( Simpang Harmoni)

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X